Jumat, 08 September 2017

Inilah Manfaat Olahraga Air Bagi Tubuh Manusia

Salah satu olahraga air yang cukup populer di Indonesia adalah renang. Menurut beberapa studi yang saya baca, seperti halnya jogging dan bersepeda, berenang merupakan salah satu olahraga erobik terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hanya dengan berenang dua setengah jam dalam seminggu, maka risiko menderita penyakit kronis bisa diturunkan. Berenang juga membantu meningkatkan kesehatan penderita diabetes dan penyakit jantung. Dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak, perenang aktif memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.

Beberapa orang yang saya temui, mereka lebih menyukai olahraga renang dibandingkan dengan olahraga di lapangan. Hal ini bisa juga dilihat saat mereka menghabiskan waktu lebih lama berada di air bila dibandingkan dengan di lapangan.

Hubungan olahraga air dengan penyakit kronis

Olahraga air membantu mereka yang menderita penyakit kronis terutama penderita radang sendi (arthritis) untuk tetap bisa aktif bergerak. Olahraga air bisa membantu penderita radang sendi kronis untuk tetap bisa menggerakan sendinya tanpa perlu takut keluhannya akan bertambah parah. Penderita radang sendi rematik memperlihatkan kemajuan kesehatan setelah mengikuti hidroterapi (terapi di dalam air).

Hubungan olahraga air dengan kesehatan mental

Olahraga air dapat meningkatkan kesehatan mental. Pria dan wanita yang rajin berenang memiliki mood yang baik. Untuk penderita nyeri otot (fibromialgia), berenang dapat menurunkan tingkat kecemasan. Berendam di air hangat juga terbukti menurunkan gejala depresi dan terjadi peningkatan mood. Anak anak penyandang gangguan tumbuh kembang juga mengalami peningkatan hubungan dengan keluraga setelah diajak rutin berenang.

Hubungan olahraga air dengan lanjut usia

Bagi orang usia lanjut, olahraga air dapat meningkatkan kualitas hidup sekaligus mengurangi disabilitas yang dialami. Olahraga air juga dapat meningkarkan dan mempertahankan kesehatan tulang pada wanita yang mengalami menopause.

Jadi kesimpulannya, olahraga air merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin tetap berolahraga ditengah keterbatasan fisik terutama masalah pada persendian. Tapi ingat untuk menyesuaikan kemampuan diri sebelum memutuskan untuk menceburkan diri ke air. Konsultasi ke dokter bila memang dibutuhkan.


EmoticonEmoticon