Selasa, 19 September 2017

Inilah Daftar Olahraga Yang Dapat Menguatkan Tulang

Semua orang pasti paham bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hampir seluruh organ tubuh akan merasakan manfaat saat seseorang bergerak aktif. Salah satu organ tubuh yang mendapatkan manfaat tersebut adalah tulang.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan massa tulang mencapai puncaknya pada masa puber sampai usia 20an tahun. Namun, saat seseorang melewati usia 30an tahun, massa tulang akan mulai mengalami penipisan.

Penipisan tulang setelah usia melewati usia 30 tahun adalah sebuah proses yang alamiah. Kondisi ini tentu saja akan berimbas pada kekuatan tulang, artinya tulang menjadi lemah dan mudah patah. Yang mengejutkan adalah diantara ratusan tulang yang ada pada tubuh manusia, tulang belakang, tulang panggul, tulang pergelangan tangan dan tulang rusuk adalah tulang tulang yang memiliki derajat penipisan tulang yang paling tinggi.

Kabar baiknya, olahraga ternyata dapat membantu menguatkan tulang yang mengalami penipisan tersebut. Olahraga akan menekan tulang sehingga merangsang tulang agar lebih kuat dan lebih padat.

Berikut beberapa aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan tulang:

1. Naik turun tangga

Memilih menaiki tangga dibandingkan dengan eskalator dapat membantu menguatkan tulang. Naik turun tangga dapat menguatkan tulang tulang kaki dan panggul. Naik turun tangga juga dapat memperbaiki keseimbangan tubuh.

Peningkatan massa tulang saat rutin naik turun tangga bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan saat rutin berjalan atau berlari. Apalagi saat naik turun tangga, kamu melewatkan atau melompati satu tangga, massa tulang yang terbentuk akan makin kuat.

2. Berjalan

Berjalan kaki adalah aktivitas yang bagus untuk tulang. Menurut penelitian, berjalan secara rutin dapat menurunkan risiko patah tulang sampai 30%. Masih menurut penelitian tersebut, berjalan selama 15 menit setiap hari dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Manfaat berjalan bagi tulang akan lebih banyak saat berjalan di jalanan yang menanjak atau berjalan sambil membawa beban.

3. Lompat tali

Lompat dapat menguatkan tulang sebagai bagian dari olahraga high impact. Lompat tali dapat menguatkan tulang kaki dan tulang panggul.

4. Olahraga beban

Olahraga beban yang dimaksud adalah olahraga yang menggunakan beban tubuh seperti push up, squats, dan lain lain. Olahraga beban semacam ini dapat membantu meningkatkan densitas tulang.

5. Angkat beban

Untuk menguatkan tulang, beban yang diangkat tidak harus terlalu berat. Sebuah penelitian menyebutkan, olahraga angkat beban pada wanita menopause dapat meningkatkan kepadatan tulang sampai 22%. Sebagai tahap awal, mulailah mengangkat beban yang ringan lalu naikkan beban secara bertahap.

6. Berlari

Seperti halnya olahraga beban yang lain, berlari juga bisa untuk menguatkan tulang. Namun, kekuatan tulang yang dihasilkan dari berlari tidak sebaik naik turun tangga atau berjalan kaki.


EmoticonEmoticon