Kamis, 07 September 2017

Ini Akibatnya Saat Orang Yang Biasa Ngopi Tidak Diberi Kopi

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari? Apa yang kamu rasakan bila kamu yang biasa ngopi, karena suatu kadaan tidak bisa minum kopi?

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli di Universitas Tasmania, orang yang terbiasa ngopi akan mengalami penurunan daya ingat ketika dia tidak mendapatkan kopi. Mereka mengalami kesulitan untuk mengingat informasi baru dan menggali kembali informasi yang selama ini dipelajari.

Peneliti menduga, penurunan kemampuan mengingat ini karena turunnya kepercayaan diri seseorang atas kapasitas dirinya dalam mengingat sesuatu. Keinginan minum kopi menyebabkan otak memiliki kesibukan tersendiri untuk mengatasi keinginan tersebut sehingga kekurangan kapasitas untuk mengingat hal hal yang lain.

Dalam penelitian ini, peneliti dari Universitas Tasmania menganalisa data dari 55 peminum kopi dengan usia rata rata 30 tahun. Para peminum kopi ini sedikitnya minum satu cangkir kopi setiap hari. Peminum kopi ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama disediakan kopi di hadapannya, namun tidak diijinkan untuk meminumnya. Mereka hanya diperbolehkan mencium aroma kopi. Sementara kelompok kedua diberikan kebebasan minum kopi seperti biasa. Selanjutnya kedua kelompok ini diminta menceritakan pengalaman liburan yang mereka lakukan terakhir kali.

Hasil dari penelitian ini, mereka yang tidak diperbolehkan minum kopi cenderung mengalami kesulitan dalam mengingat informasi baru yang diberikan. Para peneliti juga bisa memperkirakan kemampuan mereka untuk menjawab serangkaian tes daya ingat yang dilakukan.

Studi diatas seperti dilansir dalam edisi terbaru dari jurnal Memory.


EmoticonEmoticon