Sabtu, 02 September 2017

5 Manfaat Menyehatkan Dari Memelihara Hewan

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan? Menurut beberapa studi, memelihara hewan dan kerap bermain main dengan mereka ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya gak hanya bagi kesehatan psikis tetapi juga fisik.

Agar kamu gak penasaran, berikut beberapa manfaat menyehatkan dari memelihara hewan:

1. Meningkatkan mood

Hanya butuh waktu setengah jam bermain dengan hewan kesayangan maka otakmu telah dibanjiri oleh zat kimia pembangkit rasa bahagia. Beberapa klinik di luar negeri bahkan menggunakan hewan peliharaan untuk membangkitkan rasa bahagia pada orang orang yang merasa kesepian. Menurut pasien yang mengikuti terapi ini, mereka merasakan perasaan bahagia dan mood yang meningkat begitu berdekatan dengan hewan kesayangan.

2. Meredakan stress

Beberapa menit bersama hewan kesayangan terbukti dapat menurunkan kadar hormon stress 'kortisol'. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku merasa lebih rileks saat berdekatan dengan hewan kesayangan bila dibandingkan dengan berdekatan dengan pasangannya. Penurun kadar stress juga dialami oleh karyawan yang diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke kantor.

3. Meredakan nyeri

Beberapa studi menyebutkan, menghabiskan waktu bersama hewan kesayangan dapat membantu meredakan nyeri.

4. Meningkatkan kebugaran

Untuk masalah kebugaran fisik, manfaat hewan peliharaan sudah banyak dibuktikan terutama bagi mereka yang suka bermain dengan anjing di lapangan. Selain itu, berjalan dengan anjing dapat meningkatkan interaksi sosial, dibandingkan dengan berjalan seorang diri.

5. Menyehatkan jantung

Bermain dengan hewan atau sekedar memandang ikan yang berenang di akuarium dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Orang yang memelihara hewan juga rata rata memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah.


EmoticonEmoticon