Selasa, 05 September 2017

10 Kebiasaan Yang Menyebabkan Seseorang Makan Berlebihan, Yang Nomor 3 Kerap Kamu Lakukan

Makan berlebihan atau kekenyangan kerap membuat perasaan bersalah dan tentu saja membuat upaya menurunkan berat badan menjadi sangat sulit. Menurut para ahli, makan berlebihan justru kerap terjadi karena kebiasaan kebiasaan keliru yang dilakukan saat makan.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang dilakukan saat makan yang menyebabkan seseorang makan secara berlebihan:

1. Mengabaikan kalori

Perhitungan jumlah kalori memang sangat sulit dilakukan dengan mata telanjang, apalagi saat itu perut dalam keadaan lapar. Namun kamu bisa mempelajari komposisi kalori masing masing jenis makanan sebelumnya. Lakukan secara terus menerus sehingga kamu bisa sedikit mengingat jumlah kalori dan porsi makan yang tepat saat mengonsumsi suatu makanan.

2. Program diet yang terlalu ketat

Program diet yang terlalu ketat akan membuat hubungan yang tidak baik dengan makanan. Artinya, kamu akan merasa bersalah saat mengonsumsi junk food. Dan perasaan bersalah ini dapat menyebabkan kamu makan secara berlebihan. Faktanya, beberapa studi menunjukan, program diet yang terlalu ketat akan menyebabkan seseorang mengonsumsi makanan makanan yang sebenarnya tidak diperbolehkan.

3. Makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton televisi atau bermain gadget oleh para ahli disebut dengan makan tanpa perasaan. Artinya, kamu berisiko mengonsumsi makanan secara berlebihan karena saat itu pikiranmu tidak konsentrasi untuk makan. Jangan melakukan sesuatu saat makan, fokuslah terhadap makanan dan makanlah pelan pelan.

4. Makan terlalu cepat

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengosongkan piring makanan? Kurang dari 10 menit? Ada kabar buruk untuk kamu ketahui, hormon membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit untuk memberi tahu otak jika kamu saat itu sudah kenyang. Artinya, saat kamu merasa kenyang maka sejatinya kamu telah mengonsumsi makanan dengan jumlah 2 sampai 3 kali lipat dari yang seharusnya.

5. Tidak bisa membedakan antara haus dan lapar

Kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara haus dan lapar. Itu sebabnya dianjurkan untuk minum terlebih dahulu saat kamu merasa lapar. Bila setelah minum kamu merasa kenyang maka saat itu sejatinya kamu hanya haus.

6. Kurang tidur

Studi menemukan, seseorang akan mengonsumsi kalori 20% lebih banyak saat mengalami gangguan tidur. Artinya, orang yang seharusnya mengonsumsi 2000 kalori dalam sehari akan mengonsumsi tambahan 400 kalori saat begadang.

7. Terbiasa makan berlebihan

Jika kamu makan berlebihan setiap hari maka itu akan menjadi suatu kebiasaan. Sudah menjadi sesuatu yang normal bagi seseorang yang terbiasa makan berlebihan akan mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

8. Melewatkan waktu makan

Studi menemukan, mereka yang kerap melewatkan waktu makan berpotensi mengonsumsi makanan secara berlebihan. Misalnya, orang yang tidak sarapan akan makan berlebihan pada saat makan siang, demikian seterusnya.

9. Kebiasaan makan setelah olahraga

Kita kerap menyaksikan orang yang makan semaunya pasca olahraga. Makan semaunya ini artinya mereka mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ironisnya, di tempat tempat olahraga justru banyak dijual makanan yang tidak sehat ini. Biasakanlah membawa makanan yang sehat bila kamu harus makan setelah melakukan olahraga.

10. Makan dengan piring yang besar

Makan menggunakan piring besar berisiko menyebabkan kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan. Gunakanlah piring yang lebih kecil sehingga kamu bisa mengurangi porsi makan dan ada perasaan bersalah/malu saat harus menambah makanan.


EmoticonEmoticon