Jumat, 15 September 2017

10 Alasan Mengapa Kita Harus Berhenti Minum Susu

Bila dulu, susu termasuk bagian penting dari menu makanan sehat (4 sehat 5 sempurna), kini eksistensinya mulai dipertanyakan. Ada beberapa pihak yang mempertanyakan dan bahkan menentang keberadaan susu sebagai salah satu jenis minuman bergizi.

Dari beberapa tulisan yang saya baca, berikut beberapa alasan yang diungkapkan oleh mereka yang mengatakan susu merupakan minuman yang tidak sehat.

1. Susu sapi diciptakan untuk anak sapi

Manusia merupakan satu satunya spesies yang minum susu setelah dewasa. Dan manusia juga satu satunya spesies yang minum susu dari spesies yang lain.

2. Hormon

Alasan hormon tidak hanya karena kandungan hormon pada susu sapi lebih kuat daripada hormon manusia, namun juga karena sapi kerap diberi suntikan steroid dan hormon lainnya untuk merangsang produksi susu. Hormon hormon ini tentu saja akan berdampak negatif bagi tubuh manusia.

3. Makanan sapi yang tidak alami

Kebanyakan sapi yang diternakan untuk menghasilkan susu diberi makanan yang mengandung GMO atau jagung yang direkayasa genetik, antibiotika, pestisida dan lain lain.

4. Produk susu bersifat asam

Ketika dimetabolisme, produk susu akan berubah menjadi asam. Masuknya tambahan asam ke dalam tubuh dapat menganggu keseimbangan asam basa dan bila hal ini terjadi pada tulang maka akan menyebabkan tulang menjadi rapuh.

5. Hasil studi osteoporosis

Beberapa studi menyebutkan, negara negara peminum susu per kapita tertinggi di dunia ternyata juga memiliki insiden osteoporosis yang tinggi.

6. Tempat peternakan yang tidak manusiawi

Kebanyakan sapi penghasil susu hidup di peternakan yang tidak manusiawi. Mereka tidak pernah melihat padang rumput yang hijau.

7. Mengalami proses pasteurisasi

Kebanyakan produk susu mengalami proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri berbahaya. Saat proses pasteurisasi ini, vitamin, protein dan enzim ikut hancur terutama enzim yang membantu proses pencernaan. Hal ini menyebabkan susu yang masuk ke dalam perut menjadi susah untuk dicerna.

8. Merangsang produksi lendir

Produk susu yang dikonsumsi dapat merangsang produksi lendir di dalam tubuh terutama pada saluran nafas.

9. Berhubungan dengan radang sendi (arthritis)

Beberapa studi menghubungkan konsumsi produk susu dengan kejadian radang sendi atau arthritis.

10. Mengalami proses homogenisasi

Kebanyakan produk susu mengalami proses homogenisasi untuk menambah jumlah proteinnya. Selain menyulitkan proses pencernaan, protein ini kerap dikenali sebagai 'benda asing' oleh tubuh sehingga merangsang reaksi alergi.


EmoticonEmoticon