Selasa, 22 Agustus 2017

Tips Memakai Lensa Kontak Tanpa Takut Infeksi

Lensa kontak atau dalam bahasa Inggris disebut contact lenses saat ini bukanlah sesuatu yang asing. Karena lebih praktis, lensa kontak mulai banyak digunakan untuk memperbaiki tajam penglihatan sebagai pengganti kaca mata.

Meskipun jarang bermasalah, pemakaian lensa kontak untuk aktivitas sehari hari bukannya tanpa risiko. Bila penggunaannya tidak benar, lensa kontak berisiko menyebabkan terjadinya infeksi mata yang parah.

Dari data CDC, dari 81% orang dewasa yang memakai lensa kontak, masing masing memiliki satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada mata. Beberapa kebiasaan buruk itu antara lain, memakai lensa kontak saat tidur, tidak mengganti lensa kontak sesuai dengan yang dianjurkan dan berenang menggunakan lensa kontak.

Tapi kamu gak perlu khawatir, lensa kontak yang beredar di pasaran saat ini sudah sangat aman. Risiko terbesar pemakaian lensa kontak adalah infeksi, jadi pencegahannya pun difoksukan pada pencegahan terjadinya infeksi.

Salah satu cara mencegah terjadinya infeksi adalah memperbaiki perilakumu dalam memakai lensa kontak. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pemakaian lensa kontak:

  • Segera lepaskan lensa kontak ketika kamu mengalami iritasi. Ciri ciri mata yang sedang mengalami iritasi antara lain kemerahan dan sakit. Segera ke dokter mata bila gejala tersebut tidak hilang dalam beberapa hari.
  • Jangan tidur memakai lensa kontak. Menurut studi yang dilakukan CDC, tidur dengan memakai lensa kontak dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata sampai 6 kali lipat.
  • Segera ganti lensa kontak sesuai jadwal. Baca dengan baik masa pakai lensa kontakmu. Bila telah habis masa pakainya, segera buang dan ganti dengan yang baru.
  • Jangan membersihkan lensa kontak dengan air keran. Air keran banyak mengandung parasit yang bisa menyebabkan masalah pada mata. Gunakan cairan khusus pembersih lensa kontak yang steril.
  • Jangan memakai lensa kontak saat berenang. Air kolam banyak mengandung koman yang bisa terperangkap di dalam lensa kontak dan menimbulkan masalah infeksi pada mata. 
  • Gunakan cairan khusus saat menyimpan lensa kontak pada tempatnya. Segera kosongkan tempat lensa kontak begitu dipakai untuk menghindari bakteri tumbuh di tempat lensa kontak.
  • Jika memungkinkan, gunakan lensa kontak yang sekali pakai.


EmoticonEmoticon