Selasa, 01 Agustus 2017

Meniup Lilin Pada Kue Ulang Tahun Bisa Membuat Temanmu Sakit, Ini Alasannya

Kelak mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk makan potongan kue ulang tahun yang dibagikan saat pesta ulang tahun temanmu. Mengapa? Karena menurut studi terbaru, meniup lilin pada kue ulang tahun dapat meningkatkan populasi bakteri pada kue sampai 1.400 persen.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Clemson, South Carolina, Amerika Serikat ini pada awalnya ingin mengedukasi para mahasiswa tentang pentingnya keamanan makanan, namun begitu para peneliti menghitung jumlah bakteri yang ada pada kue ulang tahun, mereka pun geleng geleng kepala.

Meskipun diakui bahwa penelitian ini masih sangat prematur, namun temuan ini cukup menarik mengingat jenis bakteri yang ditemukan berbeda beda pada setiap tiupan. Tapi bila dirata ratakan maka, setiap tiupan lilin ke kue ulang tahun, kenaikan jumlah bakteri mencapai 14 kali lipat.

Temuan ini sebenarnya bukan sesuatu yang aneh mengingat mulut manusia memang dihuni oleh berbagai macam bakteri. Untungnya kebanyakan dari bakteri tersebut adalah bakteri baik sehingga mengonsumsi kue ulang tahun yang mengandung bakteri yang berasal dari mulut seseorang tidaklah begitu berbahaya. Tentu saja selama orang yang meniup kue itu tidak dalam kondisi sakit.

Nah, bila kamu akan merayakan ulang tahun dan berencana untuk meniup lilin diatas kue, pastikan saat itu kondisimu sedang sehat dan sempatkan untuk menggosok gigi sebelum meniup kue agar teman temanmu yang menyantap kue ulang tahun tidak sakit.


EmoticonEmoticon