Minggu, 06 Agustus 2017

Inilah Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Zat Besi, Yang Nomor 5 Cukup Mengejutkan

Apakah kamu pernah merasakan tubuh yang kurang bergairah serasa tidak berenergi untuk melakukan sesuatu? Kalau iya, maka besar kemungkinan kamu mengalami gejala kekurangan zat besi.

Gejala kekurangan zat besi memang tidak terlalu khas sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa di dalam tubuhnya telah terjadi kekurangan zat besi. Sebagaimana diketahui, tubuh membutuhkan zat besi agar dapat berfungsi secara optimal.

Di dalam tubuh, zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel darah, baik sel darah merah maupun sel darah putih. Zar besi juga berperanan penting dalam enzim yang bekerja pada sistem kekebalan tubuh. Jadi, bila tubuh mengalami kekurangan zat besi maka fungsi fungsi tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Terdapat dua jenis zat besi yang dibutuhkan tubuh, yaitu zat besi heme dan non-heme. Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi zat besi heme yang berasal dari daging merah, liver, unggas dan ikan karena zat besi heme dari makanan jenis ini akan lebih mudah diserap di dalam usus.

Sedangan zat besi non-heme berasal dari tumbuh tumbuhan seperti pisang, walnut, buncis, kacang kacangan, sayuran yang daunnya berwarna hijau. Faktanya, sayuran dan buah ini juga banyak mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi di dalam usus.

Lalu, apa saja gejala orang yang kekurangan zat besi? Berikut beberapa gejala yang bisa dialami oleh mereka yang kekurangan zat besi:

  1. Anemia 
  2. Nafas pendek dan kesulitan bernafas
  3. Kuku yang rapuh
  4. Kelelahan yang kronis
  5. Keinginan untuk makan es batu
  6. Tidak tahan cuaca dingin
  7. Stamina yang menurun
  8. Kuku yang berbentuk datar
  9. Jari jari pucat
  10. Kulit pucat
  11. Kurang konsentrasi
  12. Menurunnya sistem kekebalan tubuh
Nah, bila kamu mengalami gejala diatas dan dipastikan menderita kekurangan zat besi maka selain disarankan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, pada kasus kekurangan zat besi yang berat maka dibutuhkan tambahan suplemen zat besi.

Berikut kebutuhan zat besi per hari berdasarkan usia:
  • Anak anak 7 - 12 bulan: 11 mg/hari
  • Anak anak 1 - 3 tahun: 7 mg/hari
  • Anak anak 4 -8 tahun: 10 mg/hari
  • Anak anak 9 - 13 tahun: 8 mg/hari
  • Wanita 14 - 18 tahun: 15 mg/hari
  • Wanita 19 - 50 tahun: 18 mg/hari
  • Wanita diatas 51 tahun: 8 mg/hari
  • Wanita menyusui: 9 - 10 mg/hari
  • Pria 14 - 18 tahun: 11 mg/hari
  • Pria diatas 19 tahun: 8 mg/hari

1 komentar selama ini

Nomor 5 membuat anda tercengang 😱


EmoticonEmoticon