Senin, 14 Agustus 2017

Ini Bahayanya Minum Antiobiotika Sembarangan

Pernahkah kamu minum antibiotika? Pasti semua akan kompak menjawab pernah. Lalu, kapankah kamu minum antibiotika tersebut? Juga akan dijawab kompak saat sakit. Pertanyaan selanjutnya, saat sakit apa kamu minum antibiotika? Bila kamu menjawab saat flu maka jawabanmu itu adalah salah.

Antibiotika memang menjadi salah satu obat yang paling banyak diresepkan di seluruh dunia. Obat ini dianggap sebagai obat dewa yang bisa untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Bahkan beberapa pasien yang saya temui, selalu minta antibiotika saat berobat ke dokter.

Tahukah kamu bahwa tidak semua penyakit harus mendapatkan antibiotika? Penyakit penyakit non infeksi atau penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, sama sekali tidak membutuhkan antibiotika. Obat ini hanya bisa diminum untuk penyakit penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lain yang sensitif dengan antibiotika.

Sebagaimana diketahui, bakteri dan virus adalah dua mikroorganisme yang berbeda. Bakteri merupakan mikroorganisme bersel satu sementara virus mikroorganisme aseluler. Artinya, virus tidak memiliki struktur sel dan membutuhkan inang dari makhluk hidup lain agar bisa bertahan hidup. Dibandingkan dengan bakteri, ukuran virus sangat kecil dan berkembang biak di dalam sel hidup sehingga virus lebih sulit untuk dibasmi.

Dari beda bakteri dan virus diatas, bisa dilihat bahwa membasmi virus sangat berbeda dengan bakteri sehingga pengobatannya pun berbeda. Bila bakteri bisa musnah dengan antibiotika maka hal tersebut tidak berlaku untuk virus.

Sayangnya selama ini, antibiotika kerap diminum saat gejala penyakit baru muncul sehingga belum diketahui apakah penyebab penyakit tersebut bakteri atau virus. Bila ternyata penyebabnya adalah virus, maka pemberian antibiotika akan sia sia saja.

Selain membuang buang uang, minum antibiotika yang tidak tepat sasaran akan berisiko membentuk jenis bakteri baru yang kebal terhadap antibiotika. Bakteri jenis baru ini sangat sulit diobati karena tidak mempan dengan antibiotika bahkan yang paling baru sekalipun. Bila ini terjadi, jangan heran kelak akan bermunculan penyakit yang tidak bisa diobati.

Untuk mencegah munculnya musibah akibat penggunaan antibiotika yang sembarangan, minumlah antibiotika bila memang dibutuhkan. Selalu ikuti perintah dokter saat diberikan antibiotika dan jangan coba coba mengobati diri sendiri dengan antibiotika tanpa mendapat petunjuk dari dokter.


EmoticonEmoticon