Senin, 03 Juli 2017

Waspadalah Berdekatan Dengan Ponsel Membuat Otak Tumpul

Sekitar 20 tahun yang lalu, kita masih sering melihat anak anak bermain di lapangan, bergaul sama teman dan melakukan hal hal yang menyenangkan di taman bermain. Remaja pun lebih banyak menghabiskan waktu luang bersama dengan teman temannya. Orang dewasa mencari informasi melalu buku dan koran.

Kondisi yang sangat berbeda kita temukan saat ini. Semua yang biasa kita lakukan di masa lalu, berubah total setelah demam ponsel pintar mewabah. Anak anak, remaja dan orang dewasa, setiap saat menghabiskan waktunya di depan ponsel. Kehadiran ponsel mampu mengubah perilaku kita secara drastis saat berinteraksi dengan dunia luar.

Tap tahukah kamu? Tanpa disadari, kehadiran ponsel memberi dampak buruk bagi kemampuan otak terutama kemampuan kognitif. Tidak hanya itu, hanya duduk di dekat ponsel pun dapat membuat kemampuan otak menurun secara signifikan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari McCombs School of Business, Universitas Texas, Amerika Serikat, mencoba mencari hubungan antara kehadiran ponsel dengan kemampuan otak dalam berpikir. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the Association for Consumer Research ini, menggunakan 800 orang sampel yang diminta untuk mengerjakan beberapa tugas melalui media komputer setelah sebelumnya diinstruksikan untuk meletakan ponsel di atas meja, di dalam kantong pakaian/tas dan di ruangan yang berbeda. Kondisi ponsel saat itu adalah dalam mode senyap.

Hasilnya, mereka yang menaruh ponsel di ruangan berbeda mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang menaruh ponselnya di kantong pakaian atau di meja. Kesimpulan dari studi ini, ponsel memberi dampak serius bagi kemampuan kognitif seseorang meskipun saat itu ponsel tidak digunakan.

Menurut peneliti, masalah yang terjadi bukan karena orang itu memikirkan ponselnya tetapi proses berpikir mengalami gangguan. Artinya, telah terjadi penurunan kemampuan otak untuk berpikir. Kehadiran ponsel telah cukup untuk menurunkan kapasitas kognitif seseorang.

Hasil studi diatas menambah deretan dampak buruk dari kehadiran ponsel. Sebelumnya, ponsel diketahui dapat menganggu konsentrasi, cidera pada leher, menganggu siklus tidur. Anak anak yang gemar menggunakan ponsel mengalami masalah konsentrasi di sekolah. Memandang ponsel sepanjang hari juga berisiko menimbulkan masalah dengan pasangan.


EmoticonEmoticon