Selasa, 11 Juli 2017

Minumlah Kopi Agar Umurmu Panjang

Apakah kamu seorang penikmat kopi? Ada kabar gembira nih, studi terbaru yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa mereka yang rutin minum kopi cenderung berumur panjang.

Lebih lanjut dalam studi itu disebutkan, minum kopi berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, penyakit saluran nafas dan penyakit ginjal.

Mereka yang minum secangkir kopi setiap hari memiliki risiko kematian dari penyakit tersebut, 12 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Risiko kematian lebih rendah lagi bila mereka minum kopi lebih dari dua cangkir setiap hari.

Penurunan risiko kematian tampak pada semua peminum kopi, baik yang minum kopi biasa maupun yang minum kopi tanpa kafein, sehingga tampaknya kafein tidak berpengaruh terhadap hasil studi.

Namun, peneliti tidak berani menyimpulkan bahwa minum kopi dapat memperpanjang usia, namun mereka melihat ada hubungan yang kuat antara umur panjang dengan kebiasaan minum kopi.

Menurut Veronica W. Setiawan, peneliti kepala dan asisten professor pada Keck School of Medicine of USC, bila selama ini kamu adalah peminum kopi maka lanjutkanlah kebiasaanmu itu, tapi bila kamu bukan peminum kopi maka kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk minum kopi.

Studi yang dilakukan dengan teknik Multiethnic Cohort ini memakai lebih dari 215.000 orang sampel, yang memiliki risiko bervariasi terhadap kanker.

Apa sih manfaat minum kopi?

Studi sebelumnya yang dilakukan USC mengindikasikan bahwa minum kopi berhubungan dengan penurunan beberapa risiko penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit liver, parkinson, dan penyakit kronis lainnya.

Menurut Setiawan, kopi kaya dengan antioksidan dan zat phenolic yang berperanan penting dalam pencegahan kanker. Minum kopi bisa sebagai bagian dari pola hidup yang menyehatkan.

Catatan penulis: dari nama penelitinya, sepertinya beliau orang Indonesia ya?

1 komentar selama ini

Ibu nertua tiap pagi minum kopi ternyta diabetny muncul


EmoticonEmoticon