Selasa, 25 Juli 2017

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Berhenti Makan Gula

Berhenti atau sekedar mengurangi konsumsi gula bukanlah perkara mudah. Beberapa studi bahkan menyebutkan, ketagihan akan gula bisa melebihi ketagihan akan kokain. Namun, hal tersebut bukan berarti menjauhi gula sebagai sesuatu yang mustahil.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi gula, mulai dari mengurangi makanan yang tinggi kandungan gulanya sampai dengan mencari pemanis pengganti gula. Yang penting dari usaha ini adalah niat yang kuat untuk mengurangi konsumsi gula.

Mengapa konsumsi gula harus dikurangi? Sebagai kita ketahui, konsumsi gula yang berlebihan berhubungan erat dengan kegemukan, inflamasi, diabetes tipe 2, kanker, ketidaksuburan, demensia dan jerawat.

Nah, setelah tahu risiko konsumsi gula yang berlebihan, lalu apa yang akan kamu dapatkan bila berhasil berhenti makan gula? Berikut beberapa diantaranya:

1. Kamu akan lebih berenergi

Gula memang bisa membuat tubuhmu berenergi, namun energi yang dihasilkan hanya beberapa menit saja. Selanjutnya kamu akan merasa kurang berenergi dan berkeinginan untuk makan gula lagi. Kondisi ini akan membuat kadar gula dalam darahmu meningkatkan dengan cepat, lalu drop dengan cepat pula.

Yang cukup mengejutkan, studi menyebutkan, naik turunnya kadar gula pada konsumsi buah buahan juga memiliki efek yang sama dengan naik turunnnya kadar gula saat kamu mengonsumsi makanan olahan karbohidrat

Jika kamu berhasil mengurangi konsumsi gula dengan makanan yang bergizi lainnya maka kadar gula darahmu akan tetap terjaga demikian juga dengan stamina dan energimu.

2. Berat badanmu menurun

Gula hanya memberi tubuhmu kalori tanpa zat gizi lainnya. Asupan kalori akan menurun drastis jika kamu berhasil berhenti makan gula.

3. Mengurangi nafsu makan

Mengonsumsi gula dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi gula secara berlebihan. Saat kamu makan gula, kadar insulin tubuh meningkat drastis lalu turun dengan drastis. Kondisi ini membuat tubuhmu berkeinginan untuk makan gula lagi secara berlebihan.

Berhenti makan gula membuat kadar hormon dan insulin dalam kondisi stabil sehingga keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat menjadi berkurang.

4. Kulit lebih sehat

Seperti saya sebutkan diatas, konsumsi gula berhubungan dengan jerawat dan inflamasi. Studi menyebutkan, inflamasi menyebabkan kulit cepat menua.

Berhenti makan gula menyebabkan kulitmu lebih cerah, keriput berkurang hanya dalam waktu 2 minggu.

5. Berkurangnya rasa sakit

Selain bermasalah dengan kulit, inflamasi juga bisa menyebabkan nyeri kronis. Berhenti makan gula dapat mengurangi terjadinya inflamasi yang berujung pada berkurangnya nyeri kronis. Faktanya, keluhan nyeri kronis biasanya bertambah parah saat seseorang makan gula.


EmoticonEmoticon