Kamis, 20 Juli 2017

10 Alasan Kenapa Yoga Bagus Untuk Kesehatan

Yoga merupakan aktifitas fisik yang menggabungkan antara olahraga pernafasan, meditasi dan postur. Menurut sejarahnya, yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu.

Tapi, benarkah yoga bermanfaat bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat yoga yang saya himpun dari berbagai macam sumber:

Melapangkan jalan nafas

Latihan yoga dapat membantu meringangkan serangan asma. Latihan pernafasan pada yoga menyebabkan penderita asma lebih mampu melawan serangan asma yang terjadi.

Menajamkan daya ingat

Orang dewasa yang rajin latihan yoga memiliki kemampuan menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dan tepat saat dilakukan tes kemampuan kognitif. Kemampuan olah nafas pada yoga juga bermanfaat untuk membantu meredakan stress.

Meredakan nyeri radang sendi

Menurut studi, penderita radang sendi rematik dan keluhan lain pada sendi, mengalami penurunan keluhan sebanyak 20% setelah melakukan latihan yoga selama 8 minggu. Diduga hal ini karena yoga mengombinasikan antara aktifitas fisik dan manajemen stress.

Membantu meredakan stress

Studi yang dilakukan pada tahun 2016, orang dewasa yang secara teratur melakukan latihan yoga selama 8 minggu mengaku stress yang dialami banyak berkurang.

Meningkatkan keharmonisan rumah tangga

Pria yang rutin melakukan latihan yoga, terbukti lebih mampu memuaskan pasangannya saat di ranjang. Demikian menurut studi yang dilakukan pada tahun 2010. Kondisi yang sama juga dialami oleh wanita pada penelitian ini.

Mengurangi keluhan nyeri pinggang

Penguatan otot otot tulang belakang saat latihan yoga terbukti mampu meredakan keluhan nyeri pinggang kronis yang dialami oleh pasien. Keluhan ini mulai dirasakan berkurang setelah latihan yoga selama 12 minggu.

Meredakan inflamasi

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari UCLA, latihan yoga dengan durasi 12 menit setiap hari selama 8 minggu dapat membantu menurunkan respon inflamasi yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Bila dikombinasikan dengan pengaturan diet, yoga juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan tersebut tetap dalam kondisi sehat. Kemampuan mempertahankan penurunan berat badan pada pelaku yoga juga lebih baik, mungkin hal ini disebabkan karena pelaku yoga lebih disiplin melakukan yoga karena dukungan dari pelaku yoga yang lain.

Membantu meredakan nyeri leher

Studi yang dilakukan di Eropa, pelaku yoga yang secara rutin melakukan yoga, dalam 10 minggu, keluhan yang ada di leher mengalami perbaikan yang signifikan. Kondisi ini mungkin disebabkan karena penguatan pada otot otot yang menyangga tulang leher.

Mengurangi kunjungan ke dokter

Sebuah studi di Amerika Serikat menyimpulkan, pelaku yoga, meditasi dan sejenisnya lebih jarang berobat ke dokter bila dibandingkan dengan teman temannya yang lain. Kondisi ini menguatkan bukti bahwa terjadi hubungan yang erat antara stress dan kesehatan fisik untuk terjadinya penyakit.


EmoticonEmoticon