Minggu, 04 Juni 2017

Tips Menghilangkan Cupang Dengan Cepat


Tahu istilah cupang? Cupang adalah istilah untuk memar pada kulit yang terjadi karena ciuman yang terlalu dalam. Saat ciuman, kulit dihisap sehingga menimbulkan bekas berupa memar atau dikenal dengan istilah cupang.

Cupang terjadi karena pembuluh darah kapiler yang ada di bagian bawah permukaan kulit pecah dan menimbulkan memar. Warna cupang sendiri sangat bervariasi, ada yang biru, merah dan kecokelatan. Cupang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, bisa pada pipi, leher, dada dan lain lain.

Secara medis, cupang tidak berbahaya, hanya memang akan membuat pemiliknya malu saat dilihat orang lain. Kamu yang memiliki cupang gak perlu khawatir, sebab cupang bisa hilang dengan sendirinya. Namun kadang butuh waktu yang cukup lama agar cupangnya bisa hilang sendiri. Lalu, bagaimana caranya agar cupang cepat hilang?

1. Kompres Dingin
Cara ini cukup efektif. Ambil sendok logam lalu dinginkan ke dalam freezer, setelah dinginnya cukup, segera tempelkan pada daerah kulit yang ada cupangnya dengan sedikit tekanan. Bila gak ada sendok logam, bisa juga dengan menggunakan es batu.

2. Lidah Buaya
Tempelkan gel lidah buaya pada daerah cupang, diamkan selama lebih kurang 10 menit. 

3. Kompres Dengan Handuk Hangat
Selain menggunakan kompres es, kamu juga bisa menggunakan kompres hangat untuk mengatasi cupang. Kompres hangat efektif untuk cupang yang usianya udah lama atau sekitar 3 sampai 4 hari. Caranya, ambil handuk kecil lalu celupkan ke dalam air panas, setelah itu kompres pada bagian kulit yang ada cupangnya. Lakukan 4 sampai 5 kali sampai cupangnya memudar.

4. Pijatan
Tidak dianjurkan untuk memijat cupang yang usianya masih baru karena dapat menimbulkan rasa sakit. Pijatan baru boleh dilakukan setelah cupang berusia beberapa hari. Hasil lebih maksimal bila pijatan disertai dengan olesan minyak zaitun atau almond.

5. Sikat Gigi Bulu Lembut
Selain menggunakan tangan, pijatan juga bisa dilakukan dengan sikat gigi. Caranya, gosok dengan lembut area kulit yang bercupang. 

6. Minyak Peppermint
Minyak peppermint yang dioleskan memberikan sensasi dingin secara alami. Dapat juga menggunakan pasta gigi karena dalam kandungan pasta gigi terdapat peppermint atau mint sebagai bahan utama. Cara ini akan memperlancar daerah di bagian yang memar dan akan cepat menghilangkan cupang.

7. Obat tetes mata
Oleskan tetes mata pada kulit yang memar karena cupang. Setelah 1-2 menit, bilas dengan air dingin. 

8. Teh Celup
Masukan kantong teh dalam air mendidih selama 2-3 menit. Kemudian, tunggu sebentar dan letakkan di daerah yang mengalami memar karena cupang sampai dingin.


EmoticonEmoticon