Jumat, 30 Juni 2017

Lakukan Ini Bila Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Akhir akhir ini dunia maya sedang dibuat heboh dengan maraknya media sosial. Hampir semua pengguna ponsel pintar memiliki satu atau lebih akun media sosial dan setiap saat berinteraksi di media sosial yang dia ikuti.

Sayangnya, media sosial juga menjadi salah satu "penganggu' konsentrasi yang paling serius saat seseorang bekerja atau belajar. Tidak sedikit karyawan yang meninggalkan pekerjaan pokoknya karena asyik bercengkrama di media sosial.

Kehilangan fokus saat bekerja tentu akan berpengaruh pada produktivitas. Pekerjaan yang harusnya selesai dalam beberapa jam, menjadi molor hanya gara gara keasyikan main internet atau mengalami gangguan konsentrasi yang lain.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap fokus dan berkonsentrasi saat bekerja:

1. Mendengarkan musik yang lembut

Ketika berada di lingkungan yang bising, kita susah untuk fokus terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Cobalah mendengarkan musik yang lembut sehingga gangguan dari kebisingan dunia luar bisa diminimalisir dan kamu bisa kembali fokus bekerja. Mendengarkan musik juga bisa mengurangi masuknya percakapan yang tidak penting ke telinga.

2. Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan

Buatlah maksimal 2 catatan atau daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini. Jangan memasukan hal hal yang bisa kamu tunda dan bisa menganggu fokus kamu terhadap pekerjaan utama. Jauhkan catatan catatan diluar pekerjaan utama dari pandangan mata.

3. Tutup 'tab' peramban yang tidak penting

Bila pekerjaanmu menuntut untuk membuka peramban atau browser internet, tutuplah tab yang tidak berhubungan dengan pekerjaanmu. Tab tambahan yang tidak penting hanya akan merusak konsentrasimu dalam bekerja.

4. Singkirkan gangguan

Media sosial, ponsel pintar adalah pengganggu utama saat bekerja. Menyingkirkan pengganggu ini saat bekerja memiliki dampak yang sangat positif dalam produktivitas.

5. Selalu berpikir positif tentang diri sendiri

Berpikir positif dan bersyukur dengan apa yang telah kamu capai bisa menjadi motivasi untuk capaian berikutnya. Bila kamu sudah termotivasi maka kamu akan fokus dalam mengerjakan pekerjaanmu untuk mencapai tujuan berikutnya.

6. Minum air yang cukup

Tubuh yang tercukupi kebutuhan airnya akan selalu optimal diajak bekerja. Menurut studi, dehidrasi atau kekurangan cairan membuat otak sulit untuk diajak konsentrasi.

7. Berjalan berkeliling

Manusia tidak diciptakan untuk duduk sepanjang hari. Cobalah untuk bergerak secara rutin di sela sela pekerjaan untuk melemaskan otot yang mulai menengang dan melancarkan aliran darah ke otak. Dengan otot yang rileks dan otak penuh dengan oksigen maka fokus ke pekerjaan bisa lebih baik.


EmoticonEmoticon