Jumat, 23 Juni 2017

Ini Alasan Mengapa Kentang Goreng Berhubungan Erat Dengan Kematian Dini


Kamu suka gorengan? Atau kamu suka segala jenis makanan yang digoreng? Mungkin kamu akan berubah pikiran jika tahu bahwa kerap mengonsumsi makanan yang digoreng dapat memperpendek usia.

Hubungan antara makanan yang digoreng dengan kegemukan dan penyakit jantung telah lama diketahui, namun pada studi yang dipublikasikan awal bulan ini ada tambahan mengenai hubungan antara makan kentang goreng dengan risiko kematian.

Studi terbaru tersebut menyebutkan, orang yang rajin mengonsumsi kentang goreng (termasuk french fries), berisiko dua kali lipat mengalami kematian dini bila dibandingkan dengan mereka yang jarang makan kentang goreng.

Studi ini melibatkan 4.440 orang, berusia antara 45 sampai 79 tahun, yang diambil dari studi tentang cara mencegah dan mengobati osteoarthritis. Peneliti mengikuti mereka selama 8 tahun sambil ditanya tentang makanan yang dikonsumsi, termasuk makanan yang digoreng (kentang goreng).

Para peneliti fokus terhadap kentang goreng karena penelitian sebelumnya tentang hubungan antara kentang goreng dengan risiko kematian belum pernah dilakukan. Studi sebelumnya hanya melihat hubungan antara kentang goreng dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan yang lain.

Setelah 8 tahun diperoleh kesimpulan, mereka yang rajin mengonsumsi kentang goreng memiliki risiko kematian dini dua kali lipat bila dibandingkan dengan kelompok orang yang jarang makan kentang goreng.

Apa yang menyebabkan hubungan kentang goreng dengan risiko kematian? Kemungkinan penyebabnya adalah karena kentang goreng sangat tinggi kandungan lemak tidak sehatnya (trans fat) dan kadar garamnya pun sangat tinggi. Sebagaimana kita ketahui, konsumsi lemak tak sehat dan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit yang berbahaya.


EmoticonEmoticon