Rabu, 28 Juni 2017

Cara Alami Untuk Menekan Nafsu Makan

Apakah kamu kerap merasa ingin makan meskipun perutmu gak lapar? Mungkin kamu mengalami apa yang disebut nafsu makan yang meningkat. Kondisi ini tentu saja tidak baik bila saat ini kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Peningkatan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya, keturunan, berhenti merokok, penyakit diabetes, hipertiroid, kadar gula darah yang rendah, depresi, cemas dan kekurangan gizi.

Bila kamu mengalami kondisi diatas dan kamu saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan, mungkin kamu bisa mencoba cara alami berikut untuk menekan nafsu makan.

1. Cuka Apel

Cuka apel dapat menekan nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula. Menurut studi, asam asetat yang terdapat pada cuka apel dapat membantu menekan bagian otak yang mengatur nafsu makan.

2. Cabe Rawit

Makanan pedas dapat menekan nafsu makan. Cabai mengandung capsaicin yang berguna untuk menekan nafsu makan sekaligus membantu pembakaran lemak.

3. Almond

Salah satu hal yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah kekurangan magnesium. Almond kaya dengan magnesium, vitamin E dan antioksidan sehingga bermanfaat untuk menekan nafsu makan yang disebabkan oleh kekurangan magnesium. Almond juga kaya dengan serat yang membantu mengendalikan rasa lapar.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Minum teh hijau setiap hari dapat membantu mengurangi makanan yang masuk ke perut. Menurut studi, ekstrak teh hijau dapat menurunkan kadar ghrelin (hormon yang mencetuskan rasa lapar).

5. Air

Minumlah air setiap kali kamu berkeinginan untuk makan. Sangat umum terjadi, orang tidak bisa membedakan antara lapar dan haus. Biasakan untuk minum air dulu sebelum makan, selain untuk membedakan antara haus dan lapar, kebiasaan ini juga membantu mengurangi masuknya makanan ke dalam perut.

6. Jahe

Kamu mungkin sudah banyak baca tentang manfaat jahe bagi kesehatan, tapi tahukah kamu bahwa jahe juga dapat menekan nafsu makan? Menurut studi, kandungan gingerol pada jahe, berguna untuk menekan nafsu makan.

7. Alpukat

Alpukat mengandung asam oleic, yang di dalam tubuh dapat merangsang produksi zat oleoylethanolamide di usus halus. Menurut studi, zat ini dapat menekan nafsu makan dan mempercepat rasa kenyang.

8. Apel

Jika kamu suka ngemil, cobalah untuk ngemil apel. Buah ini mengandung pectin, zat yang terbukti dapat mencegah lonjakan kadar gula darah. Apel juga kaya dengan serat dan rendah kalori.


EmoticonEmoticon