Jumat, 02 Juni 2017

7 Manfaat Buah Sawo Yang Patut Diketahui

Buah sawo adalah salah satu buah favorit saya waktu masa kanak kanak. Disamping rasanya yang enak, buah ini juga sangat mudah didapat dan harganya murah. Buah yang berwarna cokelat ini memiliki rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. 

Selain enak dikonsumsi, buah sawo ternyata memiliki kandungan zat gizi yang lumayan banyak. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat bagus untuk tubuh. Berikut 7 manfaat buah sawo yang layak diketahui:

1. Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah
Buah sawo kaya dengan zat besi yang berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Kurang darah atau anemia kerap dialami oleh ibu hamil sehingga sawo sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah anemia.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sawo mengandung kalsium dan fosfor dalam jumlah yang banyak. Kedua mineral ini di dalam tubuh berguna untuk menguatkan tulang. Makanlah buah sawo secara rutin untuk mendapatkan tulang yang kuat.

3. Mengatasi Radang Pada Mulut
Rebuslah buah sawo yang telah dicincang dalam 2 gelas air selama 10 menit lalu gunakan air rebusan itu untuk berkumur bila mengalami masalah peradangan pada mulut.

4. Mengatasi Diare
Campurlah 15 tetes getah buah sawo yang masih muda dengan setengah gelas air panas, minumlah saat air campuran itu telah dingin. Selain getahnya, air perasan buah sawo juga bagus untuk mengatasi diare.

5 Menjaga Kesehatan Mata
Buah sawo memiliki kandungan vitamin A yang sangat bagus. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

6. Baik Untuk Masa Pertumbuhan
Buah sawo kaya dengan protein nabati yang sangat bagus untuk membantu pertumbuhan anak anak di masa pertumbuhan. Konsumsilah buah sawo saat masa kanak kanak agar tumbuh kembang berlangsung optimal.

7. Mencegah Kanker Usus
Kandungan serat yang tinggi pada buah sawo sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengonsumsi banyak serat menyebabkan pembuangan kotoran pada saluran cerna menjadi lancar sehingga mencegah terjadinya kanker usus.


EmoticonEmoticon