Senin, 19 Juni 2017

6 Herbal Penting Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Apakah kamu kerap mengalami masalah pencernaan sehingga menganggu aktivitasmu sehari hari? Tenang, kamu tidak sendirian. Ada banyak orang yang kerap mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Masalah pencernaan itu antara lain perut kembung, kekenyangan, asam lambung meningkat dan diare.

Ada berita baik untuk kamu yang kerap mengalami masalah pencernaan. Menurut para ahli, terdapat beberapa jenis herbal yang bisa membantu menyehatkan fungsi sistem pencernaan. Sudah barang tentu dengan menggunaan obat obatan tradisional seperti herbal, efek samping berbahaya bisa dicegah.

Berikut 6 herbal penting yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaanmu:

Jahe
Jahe sudah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan sejak berabad abad yang lalu. Faktanya, beberapa studi menunjukan, jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah. Tidak seperti obat obatan kimia, jahe tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Tambahkan jahe segar saat memasak makanan, atau taburkan bubuk jahe pada makanan sebelum disantap.

Chanomile
Chanomile adalah salah satu jenis herbal yang aman bagi tubuh. Chanomile memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan anti spasmodik yang dapat mengatasi beberapa masalah umum pada sistem pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan chanomile adalah perut kembung, kram perut, maag dan mual. Herbal ini juga bermandaat untuk meredakan kecemasan.

Chanomile terseda dalam bentuk kapsul yang dikonsumsi 400 sampai 1600 mg per hari. Atau kamu bisa mengonsumsi chanomile dalam bentuk teh.

Dandelion
Beberapa studi membuktikan, daun atau akar dandelion bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan merangsang nafsu makan. Dandelion membantu pelepasan asam lambung dan asam empedu sehingga berujung pada peningkatan kesehatan sistem pencernaan.

Herbal ini juga merupakan nutrisi penting untuk membersihkan dan memperbaiki fungsi liver. Gunakan daun atau akar dandelion sebagai teh atau bisa mengonsumsi langsung daun dandelion segar sebagai salad.

Peppermint
Studi menunjukan, setelah diberikan kaspul minyak peppermint, pasien yang menderita irritable bowel syndrome mengalami penurunan gejala nyeri perut (40%) dan penurunan gejala kembung (50%). Pada studi yang dilakukan di Jerman, penderita maag kronis mengalami penurunan keluhan setelah mengonsumsi peppermint.

Peppermint bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau dibuat teh.

Jeruk nipis
Herbal ini telah digunakan sejak dulu sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Jeruk nipis mengandung anti oksidan yang membantu mengatasi perut kembung dan maag.

Campur jeruk nipis dan air hangat lalu konsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan.

Bawang putih
Tahukah kamu bahwa bawang putih bisa membunuh parasit yang ada di sistem pencernaan. Bawang putih juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti radang usus besar dan diare.

Bawang putih juga membantu memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan kulit dan menurunkan kadar kolesterol. Pastikan kamu selalu menambahkan bawang putih pada masakan sehari hari.


EmoticonEmoticon