Sabtu, 10 Juni 2017

6 Fakta Mengejutkan Yang Bisa Bikin Kamu Mual

Pernah mengalami perasaan mual yang tidak jelas penyebabnya? Penyebab mual yang jelas misalnya bila saat ini kamu hamil muda atau sebelumnya kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Namun, bagaimana bila kamu tiba tiba saja mual tanpa sebab yang jelas?

Asal kamu tahu, urusan perut mual tidak hanya berhubungan dengan kehamilan dan makanan yang tidak sehat. Berikut 6 hal yang bisa menyebabkan kamu tiba tiba merasa mual:

1. Emosi Atau Stress
Emosi yang berlebihan atau stress dapat menganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan kita, dalam hal ini usus, terdiri dari otot dan serat saraf yang berkoordinasi sedemikian rupa dalam proses pencernaan. Saat kamu mengalami stress, otak mengirimkan sinyal yang berlebihan ke serat saraf di usus sehingga usus berkonstraksi secara berlebihan. Konstraksi berlebihan ini akan menganggu irama peristaltik usus yang berujung pada perasaan mual. Bahkan stress yang ringan pun bisa menyebabkan gangguan ini.

Cobalah untuk bernafas dalam dalam dan berusaha menenangkan diri bila kamu mengalami hal tersebut. Cara lainnya adalah dengan minum teh jahe hangat. Jahe memiliki kandungan zat yang dapat membantu mengatasi mual.

2. Kelaparan
Telat makan atau saat tubuh kelaparan, kadar gula darah akan anjlok. Kondisi ini membuat kamu pusing dan mual seperti akan pingsan.

Untuk mengatasinya, coba mengonsumsi makanan yang tinggi kadar karbohidratnya. Mengunyah permen juga bisa bila pilihan makanan sehat lainnya tidak ada. Masuknya gula ke dalam tubuh menyebabkan kadar gula darah berangsur normal sehingga kamu merasa lebih baik. Hindari makanan yang kaya dengan protein dan lemak sebab makanan jenis ini akan menghambat penyerapan karbohidrat.

3. Kehausan
Lambung memiliki cara unik untuk memberitahu kamu saat dia kekurangan H2O. Sel sel lambung membutuhkan air untuk memproduksi protein agar lambung bisa berfungsi dengan baik. Saat sel sel ini kekurang air, mereka akan berhenti bekerja dan menyebabkan rasa mual. Pada sebagian orang, kehausan ringan pun bisa menyebabkan rasa mual.

Untuk mengatasi hal ini tentu caranya sangat sederhana yaitu segera minum air yang cukup. Biasanya untuk dehidrasi ringan, air putih saja cukup. Namun bila kamu mengalami dehidrasi berat yang ditandai dengan lemah, pusing dan gelisah, sebaiknya kamu segera ke dokter.

4. Obat Obatan
Ada berbagai macam obat yang memiliki efek samping pada lambung. Beberapa diantaranya obat penghilang sakit seperti ibuprofen, paracetamol atau NSAID. Minum obat ini saat perut kosong bisa menyebabkan mual. Tanpa makanan, komponen obat dapat mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan perasaan mual. Suplemen vitamin C, E dan zat besi juga memberi efek yang sama.

Untuk mencegah hal tersebut, cobalah minum obat setelah makan sehingga lapisan lambung memiliki perlindungan dari efek samping obat obatan tersebut.

5. Migren Atau Sakit Kepala Hebat
Sampai saat ini, para ahli belum bisa mengerti sepenuhnya, mengapa migren bisa menyebabkan muntah. Namun, yang pasti, migren menyebabkan pusing dan mata kabur yang berujung pada rasa mual. Jika kamu mengalami serangan migren, cobalah minum obat migren untuk membantu mengatasi keluhan migren termasuk mual. Pastikan juga kamu minum air yang cukup sebab dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala bertambah hebat begitu juga dengan mual.

6. Infeksi Telinga
Liang telinga bagian dalam memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Bila terjadi infeksi, keseimbangan cairan di dalam telinga tengah terganggu sehingga otak memberi tanggapan dengan perasaan pusing dan mual.

Gejala infeksi pada telinga antara lain, nyeri pada telinga, telinga terasa tertekan, gangguan pendengaran, hidung tersumbat, sakit kepala dan demam. Bila kamu mengalami gejal tersebut, segera berobat ke dokter.


EmoticonEmoticon