Selasa, 06 Juni 2017

5 Manfaat Jambu Merah Bagi Kesehatan

Jambu merah atau jambu air merupakan salah satu tanaman buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini biasanya dimakan langsung atau dibumbui sebagai rujak. Rasanya yang manis dengan kandungan air yang banyak, jambu merah sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Tapi, tahukah kamu jika jambu ini memiliki manfaat bagi tubuh? Jambu merah kaya dengan vitamin C, vitamin A, vitamin B, serat, zat besi, belerang dan kalium. Jambu merah juga mengandung senyawa organik jambosine, asam betulinat dan friedelolactone.

Berikut 5 manfaat jambu merah bagi kesehatan:

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Jambosin adalah sejenis alkaloid yang menghambat konversi karbohidrat kompleks menjadi gula sehingga makanan yang dikonsumsi tidak semua diubah menjadi gula. Manfaat ini menyebabkan jambu merah sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang berisiko menderita diabetes untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buah jambu merah sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Tingginya serat ini menyebabkan pembuangan sisa sisa makanan menjadi lancar sehingga mencegah terjadinya sembelit. 

3. Mencegah Kanker
Senyawa organik pada buah jambu merah yang dikombinasikan dengan vitamin A dan C, memiliki manfaat untuk pencegahan kanker terutama kanker prostat dan kanker payudara.

4. Detoksifikasi
Jambu merah bersifat diuretik, artinya dapat merangsang produksi urine. Lancarnya produksi urine menyebabkan zat zat racun yang ada pada tubuh juga dengan cepat akan terbuang.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain menyehatkan sistem pencernaan, kandungan serat yang tinggi pada jambu merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Turunnya kadar kolesterol akan berujung pada menurunnya risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.


EmoticonEmoticon