Selasa, 06 Juni 2017

15 Cara Sederhana Agar Darah Kita Menjadi Lebih Sehat

Darah memberi makan setiap sel, jaringan, kelenjar, organ dan sistem organ yang ada pada tubuh manusia. Tanpa darah yang kuat dan kaya dengan oksigen maka seluruh fungsi tubuh akan kena dampak buruknya.

Berikut 15 cara untuk menyehatkan darah yang bisa kamu coba:

1. Bergerak
Cara terbaik untuk menghasilkan darah yang kaya oksigen adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu menguatkan pompa jantung tetapi juga menambah asupan oksigen segar pada darah.

2. Bernafas Dalam
Bernafas dalam akan menambah asupan oksigen ke dalam paru paru yang bersinggungan langsung dengan sel sel darah

3. Perbanyak Konsumsi Kacang Kacangan
Kacang kacangan kaya dengan serat dan zat gizi lainnya. Makanan ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang berpotensi menganggu aliran darah.

4. Konsumsi Zat Besi Yang Cukup
Zat besi memegang peranan penting dalam produksi hemoglobin Jika asupan zat besi berkurang maka produksi hemoglobin pun akan terganggu sehingga darah tidak mampu membawa oksigen dengan optimal. Makanan yang kaya dengan zat besi antara lain, buncis, sayuran berwarna hijau, daging merah, dan lain lain.

5. Konsumsi Suplemen Vitamin B
Vitamin B khususnya Vitamin B6, B12 dan asam folat sangat penting untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah. Kadar homosistein yang terlalu tinggi berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung.

6. Makan Klorofil
Klorofil adalah zat warna pada tumbuhan yang memberi warna hijau. Klorofil sangat mirip dengan molekul hemoglobin sehingga memperbanyak konsumsi zat hijau ini akan dapat membantu produksi sel darah.

7. Makan Pedas
Cayenne yang banyak terdapat pada cabai dapat membantu mempercepat aliran darah dengan cara merangsang aktivitas kardiovaskuler sehingga tekanan darah juga menurun.

8. Minum Jus Lidah Buaya
Jus lidah buaya telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan darah. Zat yang terdapat pada jus lidah buaya dapat membantu membersihkan pembuluh darah arteri dan berfungsi sebagai anti inflamasi. Jus lidah buaya juga kaya dengan asam amino, enzim, klorofil, vitamin dan mineral.

9. Minum Air Yang Cukup
Darah sebagian besar terdiri dari air dan membutuhkan air untuk produksinya.

10. Berhenti Merokok
Zat racun yang terdapat dalam rokok dapat mengontaminasi darah sehingga darah menjadi kurang sehat.

11. Beralih Ke Produk Perawatan Tubuh Alami
Krim, lotion dan kosmetik lainnya akan diserap kulit langsung ke aliran darah. Bila produk produk tersebut mengandung zat kimia beracun maka akan langsung masuk ke aliran darah.

12. Berhenti Menggunakan Pengharum Ruangan
Pengharum ruangan kebanyakan mengandung zat kimia berbahaya yang langsung dihirup masuk ke paru paru. Bila yang masuk dalam konsentrasi tinggi secara terus menerus maka akan dapat meracuni darah.

13. Gunakan Akar Dandelion
Akar dandelion dapat meningkatkan fungsi liver dalam menyaring darah. Akar dandelion bisa direbus atau dimasak seperti sop.

14. Konsumsi Sayuran Dan Buah Buahan
Sayuran dan buah buahan kayak dengan zat gizi dan phytokimia yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah dan mengurangi timbunan plak pada pembuluh darah arteri.

15. Perbanyak Konsumsi Serat
Serat berperanan penting untuk mengurangi timbunan plak pada pembuluh darah arteri.


EmoticonEmoticon