Selasa, 30 Mei 2017

Vitamin Ini Melindungi DNA Dari Polusi Udara

Pernahkah kamu berharap ada vitamin yang dapat melindungi materi genetik dari kerusakan akibat polusi udara? Bila iya, kamu gak perlu lagi menunggu lama sebab menurut studi terbaru, vitamin yang memiliki fungsi seperti itu tidak hanya satu tetapi beberapa jenis vitamin.

Menurut studi yang dilakukan oleh Columbia University’s Mailman School of Public Health, vitamin B kompleks memiliki kemampuan untuk melindungi DNA manusia dari kerusakan akibat polusi udara. Temuan ini sekaligus menjawab pertanyaan tentang zat alami yang mampu memberi perlindungan terhadap zat zat berbahaya yang ada di udara.

Sampel penelitian diberikan placebo atau vitamin B kompleks yang diberikan secara acak. Vitamin B kompleks yang diberikan mengandung 2,5 mg asam folat, 50 mg vitamin B6 dan 1 mg vitamin B12. Sampel penelitian merupakan orang dewasa sehat, tidak merokok yang berusia antara 18 sampai 60 tahun. Polusi udara berasal dari lalu lintas padat di jalan utama kota Toronto, Kanada.

Hasilnya, sampel yang minum vitamin B kompleks memiliki perlindungan terhadap kerusakan DNA yang diakibatkan oleh polusi udara lebih baik bila dibandingkan dengan sampel yang minum placebo.

Sebelumnya, banyak studi yang menghubungkan polusi udara dengan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan (asma, COPD, empisema, dan lain lain), penyakit jantung dan bahkan gangguan pada otak seperti demensia dan parkinson.

Makanan Sumber Vitamin B
Berikut adalah contoh makanan yang kaya dengan vitamin B:

  • Vitamin B6: pisang, alpukat, kedelai, walnut, sayuran hijau, cabai hijau, wortel.
  • Asam Folat: jamur, kacang kacangan, brokoli, asparagus, bayam, bit hijau, singkong, sayuran hijau.
  • Vitamin B12: makanan yang diperkaya, jamur dan makanan yang difermentasi, susu, cereal.

1 komentar selama ini

Wah sangat menarik dan bagus sekali informasinya thanks gan infonya


EmoticonEmoticon