Jumat, 26 Mei 2017

Turunkan Kolesterol Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Dalam praktek sehari hari saya sering mendengar keluhan pasien tentang kolesterol tinggi. Mereka mengatakan bahwa kadar kolesterolnya tinggi. Beberapa diantaranya membawa hasil tes darah pemeriksaan kolesterol yang memang tercatat tinggi.

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai masalah kesehatan serius bisa menghampiri mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Penyakit yang meningkat risikonya pada mereka yang kadar kolesterolnya tinggi antara lain penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bagaimana caranya menurunkan kadar kolesterol?
Untuk mereka yang kadar kolesterolnya tinggi bisa menurunkannya dengan perubahan pola makan dan pola hidup. Bila perubahan ini tidak membuahkan hasil baru dilakukan pemberian obat obatan.

Untuk menurunkan kolesterol dengan perubahan pola makan bisa dengan cara mengonsumsi makanan makanan dibawah ini:

Ikan Salmon Dan Tuna
Salmon dan tuna adalah salah satu bahan makanan yang sangat lezat untuk dinikmati. Dibalik kelezatannya, salmon dan tuna ternyata kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan kolesterol baik atau HDL. Kandungan kolesterol HDL pada salmon dan tuna yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. 

Gandum Dan Beras Merah
Para ahli menyebutkan, makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti atau seral dan beras merah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat jenis ini juga bermanfaat untuk menyehatkan kadar kolesterol.

Sayuran Dan Buah
Tak hanya kaya dengan serat, sayuran dan buah-buahan juga mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dengan baik. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah buahan membuat rasa kenyang lebih lama, kolesterol terkendali tanpa takut mengalami kegemukan.

Plant Stanol Ester
Kandungan plant stanol ester bisa ditemukan pada makanan layaknya gandum, kacang-kacangan, dan buah. Jika kita mampu mengkonsumsi setidaknya 3,4 gram kandungan plant stanol ester ini setiap hari, maka kadar kolesterol dalam darah menurun dengan signifikan sehingga tubuh pun akan menjadi semakin sehat.


EmoticonEmoticon