Selasa, 30 Mei 2017

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bulan puasa sudah berjalan beberapa hari, bulan penuh ramhat ini pun disambut dengan suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga sepanjang hari.

Salah satu masalah yang kerap menghantui umat muslim saat berpuasa adalah bau mulut yang kurang sedap. Masalah ini selain membuat perasaan tidak nyaman juga dapat menurunkan kepercayaan diri saat bercakap cakap dengan orang lain.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau mulut yang kurang sedap. Beberapa cara tersebut antara lain:

Menjaga Kebersihan Gigi
Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah bau mulut yang kurang sedap selama puasa adalah dengan tetap menjaga kesehatan gigi kita. Cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan menggosik gigi sampai bersih dan bau makanan benar benar hilang setelah sahur dan buka puasa. Dengan cara seperti ini kamu tidak akan bau mulut lagi terlebih pada saat pagi hari.

Makan Buah Selesai Sahur
Nah ini yang perlu kamu perhatikan, kalau kamu sahur, pastikan ada buah yang bisa digunakan untuk cuci mulut, misalnya saja buah jeruk atau buah semangka. Buah sangat bagus untuk kesehatan mulut, terlebih kadar asam yang tinggi pada buah jeruk bisa membunuh kuman-kuman yang bersarang pada gigi. Nah setelah makan buah, lebih baik langsung gosok gigi. Pasti mulut kamu tidak akan bau lagi.

Kumur Dengan Air Garam
Bagi kamu yang tidak memiliki persediaan buah, tenang saja masih ada cara lainnya. Pertama silahkan ambil 1 sendok teh garam, campurkan dengan air hangat, aduk hingga rata. Setelah itu gunakan untuk berkumur, air hangat dan campuran garam ini mampu menetralisir bau yang ada di mulut dan mampu membunuh kuman dengan cepat. Setelah itu kamu bisa minum air hangat secukupnya.

Jaga Jangan Sampai Mulut Kering
Saat puasa, sering kita lihat orang yang rajin meludah, padahal keseringan meludah dapat menyebabkan mulut kering dan berbau. Untuk mencegah bau mulut yang berlebihan, usahakan jangan terlalu sering membuang ludah.


EmoticonEmoticon