Sabtu, 06 Mei 2017

Sariawan? Coba Tips Ini Dulu Sebelum Minum Obat

Kalau sudah terkena sariawan pasti rasanya tidak enak banget. Saat makan pasti tidak bisa mengunyah makanan seperti biasanya. Ya memamng jalu sudah terkena sariawan makan jadi lebih berhati-hati. Belum lagi jika makanan itu rasanya asam atau pedas, pasti perih tak tertahankan.

Seperti yang dikutip oleh livestrong.com, penyebab dari sariawan bisa bermacam-macam seperti salah saat menyikat gigi, gangguan pada sisitem kekebalan tubuh, stres, kekurangan vitamin B12, perubahan hormon, alergi maknaan, dan biasanya yang sering terjadi yaitu ttidak sengaja menggigit bagian dalam bibir atau mulut.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi sariawan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan di dapur. Berikut langkah-langkahnya seperti yang di lansir oleh vemale.com.

Berkumur dengan air garam
Cara yang pertama merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi sariawan. Garam merupakan anti septik alami yang dipercaya bisa mempercepat penyembuhan sariawan dan membantu mengurangi rasa perih yang berhubungan dengan rasa nyeri.
Caranya yaitu, campurkan 12 sdm garam yang beryodium dengan gelas setengah gelas air panas. Jika air sudah dirasa sudah hangat, buatlah air garam tadi untuk berkumur selama 1 menit. kemudian kumur dengan air putih hingga rasin asin dimulut hilang.

Mengoleskan irisan bawang putih
Untuk cara yang kedua ini juga tergolong cara yang mudah untuk dilakukan, yakni dengan memakai irisan bawang putih. Alisin, bahan yang aktif dalam bawang putih ini berguna sebagai anti septik dan mempunyai kandungan anti virus dan anti bakteri. Bawang putih juga bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan. 
Caranya yaitu cukup dengan irisan bawang putih, gosokkan irisan bawang putih pada area yang terkena sariawan selama satu menit, setelah itu diamkan selam satu jam, kemudian baru kumur-kumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan setiap hari dengan rutin sampai sembuh.
  
Mengoleskan kopi bubuk
Melansir dari mouthulcers.org, bubuk kopi dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat membantu meyembuhkan sariawan. Caranya yaitu dengan cara oleskan bubuk kopi secukupnya pada area sariawan. Diamkan beberapa menit, kemudian berkumur menggunakan air bersih.

Menggunakan kunyit
Kunyit disini berguna sebagai antiseptik alami dan dapat mengurangi rasa perih. Caranya yaitu campurkan 3 sdm bubuk kunyit dengan 1 sdm air hangat smapai larut. Lalu oleskan pasta kunyit tersebut pada area yang terkena sariawan dengan menggunakan kapas steril. Biarkan selama dua menit, setelah itu kumur dengan air bersih.


EmoticonEmoticon