Jumat, 12 Mei 2017

Buat Penderita Diabetes, Baca Tulisan Ini Dulu Sebelum Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pengelolaan diabetes. Saat olahraga, otot menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi. Olahraga secara rutin membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif.

Semakin lama olahraga dilakukan maka akan semakin bagus efeknya bagi kadar gula darah. Bahkan aktivitas fisik ringan seperti melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun atau berjalan susah mampu memperbaiki kadar gula darah.

Apa yang harus anda lakukan sebagai penderita diabetes sebelum memutuskan berolahraga?

Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk berolahraga, cobalah konsultasi dengan dokter anda tentang olahraga yang cocok untuk dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh saat ini. Kebanyakan orang dewasa dianjurkan berolahraga minimal 30 menit dalam beberapa hari selama seminggu. Bila sebelumnya anda kurang gerak, dokter akan menganjurkan untuk pemeriksaan lengkap sebelum menyarankan untuk berolahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga erobik dan penguatan otot secara seimbang.

Disiplin dengan jadwal olahraga

Displinlah dengan jadwal olahraga yang telah anda buat. Bicarakan dengan dokter tentang saat yang tepat untuk berolahraga dalam sehari sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal minum obat diabetes dan makan.

Pantau kadar gula darah

Selalu pantau kadar gula darah sebelum atau setelah melakukan olahraga terutama bila anda menjalani pengobatan dengan insulin. Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah khususnya bila olahraga tersebut baru dilakukan. Waspada dan kenalilah tanda tanda penurunan kadar gula darah yang drastis seperti gemetaran, lemah, lesu, lapar, pusing, gelisah dan cemas.

Bila sebelum berolahraga, kadar gula darah anda dibawah 100 mg/dL, cobalah untuk makan makanan ringan sebelum berolahraga untuk mencegah kadar gula darah yang terlalu drop saat berolahraga.

Minum yang cukup

Minumlah cairan yang cukup saat berolahraga sebab keseimbangan cairan tubuh juga berimbas pada kadar gula darah.

Siapkan untuk hal hal yang diluar dugaan

Selalu membawa makanan ringan atau permen selama olahraga sebagai antisipasi penurunan kadar gula darah yang terlalu rendah. Gunakan gelang khusus yang berisi identitas lengkap dan nomor yang bisa dihubungi saat anda berolahraga.

Perbaiki rencana pengobatan diabetes

Bila anda selama ini menjalani pengobatan menggunakan insulin, anda bisa mengurangi dosis insulin sebelum berolahraga atau pengobatan dilakukan setelah berolahraga. Bila anda masih ragu, silakan minta saran dokter untuk dosis insulin yang tepat untuk anda.

1 komentar selama ini


EmoticonEmoticon