Selasa, 23 Mei 2017

Manfaat Kesehatan Buah Alpukat Yang Wajib Diketahui

Siapa sih yang gak kenal buah alpukat? Buah berwarna hijau gelap ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain rasanya yang enak, buah ini juga sangat mudah didapat dengan harga yang relatif murah.

Buah alpukat yang dalam bahasa latin disebut Persea Americana Miller atau Persea Gratissima Gaertn) adalah termasuk dalam keluarga tumbuhan Lauraceae. Tanaman ini di kenal dengan nama asing Advocaat atau Avocado peer. Tanaman ini berasal dari Meksiko Amerika Tengah. Masyarakat indonesia sudah sejak dulu kala telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun alpukat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Buah ini mengandung zat aktif saponin, alkaloida dan flavonoida serta polifenol, quersetin dan gula alkali persiit. Flavanoida merupakan kelompok flavanol turunan senyawa benzena dapat digunakan sebagai senyawa dasar zat warna alam. Daun ini secara empiris dipercaya sebagai diuretik yaitu menambah volume urin yang dihasilkan saat urinasi untuk mengurangi tekanan darah dan masalah batu ginjal.

Diuretik dipercaya menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menangani masalah berkhasiat sebagai diuretik yang menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp. Selain itu, berkhasiat untuk menyembuhkan kencing batu, darah tinggi, dan sakit kepala, daun ini juga merupakan salah satu rekomendasi antihipertensi dari WHO tahun 2003 dan JNC (Japan Nuclear Cycle Development Institute) VII.

Flavonoid yang terkandung di daun Alpukat juga bermanfaat untuk:
1. Melindungi struktur sel dalam tubuh
2. Meningkatkan penyerapan dan penggunaan vitamin C dalam tubuh
3. Sebagai obat anti inflamasi
4. Mencegah pengeroposan tulang
5. Sebagai antibiotik
6. Sebagai antivirus, bahkan fungsinya sebagai antivirus HIV/AIDS telah banyak diketahui dan dipublikasikan
7. Mengahambat pertumbuhan kolesterol jahat LDL dalam darah
8. Mencegah terjadinya atherosklerosis, suatu keadaan di mana dinding arteri menjadi lebih tebal
9. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sedangkan manfaat daun alpukat secara umum yaitu:
1. Mengobati batu ginjal dan sakit pinggang
2. Mengobati darah tinggi
3. Mengobati diabetes
3. Mengobati Sakit perut dan disentri
4. Menghaluskan kulit dan melembabkan kulit wajah


EmoticonEmoticon