Kamis, 04 Mei 2017

Manfaat Daun Jambu Biji Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Pengobatan herbal dari daun-daunan telah digunakan sejak jaman dahulu. Diantara tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan, daun jambu biji menjadi salah satu yang dipercaya dapat mengobati beberapa gangguan kesehatan. Anda pasti tahu jika daun yang memiliki rasa sepet ini ampuh untuk mengatasi diare. Namun, tahukah anda bahwa daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit lainnya? 

Nah, berikut inilah 5 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan:

Apabila anda sedang mengalami masuk angin, daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Masuk angin dengan gejalanya, perut kembung, mual, sampai muntah-muntah dapat diatasi dengan rebusan daun jambu biji. Caranya yaitu, petik 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, tambahkan dengan 3 buah asam jawa, 1 cabai merah, 1 potong gula jawa dan garam secukupnya. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan 1 liter air. Tunggu sampai mendidih, saring dan minum dua kali sehari.

Penyakit maag biasanya disebabkan karena telat makan yang membuat lambung menjadi sakit dan nyeri akibat produksi asam lambung yang berlebih. Untuk mengobati penyakit maag dengan daun jambu biji, caranya gunakan daun jambu biji yang masih muda sebanyak 8 lembar dan tambahkan satu setengah gelas air. Rebus sampai mendidih, tunggu sampai dingin kemudian saring dan minum airnya.

Memiliki sariawan akan menyakitkan apabila ingin makan. Karena menderita sariawan, bisa saja nafsu makan menjadi berkurang. Sebaiknya atasi sariawan menggunakan ramuan dari jambu biji supaya sariawan tidak berlama-lama dalam mulut. Caranya, petik beberapa lembar daun jambu biji ditambah sedikit kulit dari batang pohon jambu biji, tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga mendidih. Lalu saring airnya dan minum setiap 4 jam sekali sampai benar-benar sembuh.

Demam berdarah menjadi penyakit serius yang perlu segera ditangani. Penyakit ini disebabkan virus yang dibawa oleh nyamuk. Berawal dari gigitan nyamuk, maka penderita akan terinfeksi. Selain melakukan pengobatan medis, anda dapat pula membuat ramuan herbal dari daun jambu biji. Caranya dengan memetik 5 lembar daun jambu biji, lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih. Saring airnya untuk diminum.

Pasti sudah tahu bukan jika daun jambu biji merupakan obat herbal yang telah terkenal ampuh mengobati diare. Untuk itu, kami akan memberika caranya, petik 5 lembar daun jambu biji, sedikit akar dari pohon jambu biji, dan batang kecil pohon jambu biji. Setelah semuanya dibersihkan, kemudian tambahkan 1,5 liter air. Rebus sampai mendidih, saring airnya dan minum 2 kali sehari. Cara lain yang lebih praktis adalah petik daun jambu biji yang masih muda dan cocol dengan garam. Kunyahlah beberapa saat dan keluarkan ampasnya.

Demikianlah 5 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. Setelah tahu khasiatnya, jangan ragu lagi ya untuk menjadikan daun jambu biji sebagai bahan alami untuk mengobati gangguan kesehatan. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon