Jumat, 05 Mei 2017

Manfaat Air Rebusan Daun Sirih

Pernah mendengar atau membaca tentang manfaat air rebusan daun sirih? Berikut beberapa penyakit yang gejalanya bisa diredakan dengan air rebusan daun sirih.

1. Asma
Kamu memiliki keturunan dan sering mengalami gejala asma? Asma merupakan jenis penyakit yang sangat merepotkan, walaupun bukan merupakan jenis penyakit yang sifatnya kronis, seperti diabetes dan jantung. 

Asma sendiri akan menimbulkan efek dan gejala yang sangat mengganggu aktivitas, seperti : sesak nafas, sulit melakukan kegiatan yang berat dalam jangka waktu yang lama, nafas terasa pendek dan tersenggal - senggal

Nah, bagi kamu yang sering mengalami dan merasakan gejala asma, kamu dapat memanfaatkan daun sirih, terutama rebusan daun sirih untuk mengaatasi gejala - gejala yang muncul karena asma.

Bagaimana mengolah daun sirih untuk mengobati gejala asma?
Berikut ini adalah langkah - langkah yang dapat anda lakukan untuk mengobati gejala asma :
Ambil 4 - 5 lembar daun sirihRebus daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air sajaMinum hasil rebusan tersebut secara rutin, kira - kira 2 - 3 kali dalam sehari, baik ketika gejala asma muncul, maupun tidak.
2. Menyembuhkan radang tenggorokan
Radang tenggorokan hampir mirip dengan asma. Walaupun bukan merupakan penyakit yang kronis, namun radang tenggorokan memiliki gejala - gejala yang sangat mengganggu dan sangat menyebalkan. Nah, anda dapat membuat rebusan dari daun sirih, dengan cara yang sama persis dengan pengobatan asma, namun minumlah air rebusan tersebut hanya ketika merasakan sakit tenggorokan saja. Air rebusan dari daun sirih dapat melegakan tenggorokan anda dan menghilangkan gejala sakit tenggorokan, seperti : Suara yang terasa serak, batuk - batuk, rasa perih saat menelan dan sulit berbicara.

3. Mengobati sakit dan iritasi pada mata
Manfaat rebusan daun siri yang selanjutnya adalah untuk mengobati iritasi pada mata dan mengurangi rasa sakit. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering dan paling rentan terkena infeksi dan peradangan. Hal ini disebabkan karena mata sering terbuka dan banyak allergen serta polutan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, yang membuat mata menjadi: gatal, berwarna merah, terasa perih dan sakit.  

Ketika iritasi mata terjadi, dan obat tetes mata biasa tidak dapat diandalkann untuk menyembuhkannya, maka anda dapat mencoba menggunakan rebusan daun sirih untuk menghilangkan gejala iritasi pada mata.

Bagaimana caranya?
Berikut ini adalah langkah - langkah dalam mengolah daun sirih agar dapat mengobati iritasi dan rasa sakit pada mata :
Ambillah 1 - 2 lembar daun sirih. Rebus daun sirih hingga mendidih dengan 1/2 - 1 gelas air. Tunggu hingga airnya terasa dingin dan sudah tidak panas, gunakan air rebusan itu untuk mengompres mata.


EmoticonEmoticon