Sabtu, 06 Mei 2017

Ini Daftar Makanan Yang Dapat Menaikan Kadar Asam Urat

Keluhan yang kerap dialami saat kadar kadar asam urat meningkat adalah sendi terasa nyeri dan sakit. Kenaikan asam urat biasanya terjadi karena peningkatan konsumsi purin yang bersumber dari berbagai macam makanan. 

Senyawa purin ketika memasuki tubuh kemudian akan diubah menjadi senyawa asam urat (uric acid) yang dapat masuk ke dalam sendi-sendi tubuh. 

Setidaknya terdapat 16 jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat, berikut daftarnya:

1. Jeroan
Organ dalam hewan yang dapat berupa hati, limpa, paru, jantung dan otak dapat dikategorikan sebagai jeroan. Jeroan ini merupakan makanan dengan kandungan purin tertinggi yang sangat cepat menyebabkan kenaikan asam urat. Paling tidak dalam 100 gram jeroan terdapat sekitar 200-850 gram purin, yang akan segera berubah menajdi asam urat ketika jeroan dicerna.

2. Sarden
Walaupun sebetulnya ikan sarden cukup kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk tubuh, namun kandungan purin di dalamnya juga cukup tinggi. Paling tidak terkandung sekitar 480 mg zat purin dalam 100 gram ikan sarden. Jumlah ini bahkan mencapai 3 kali lipat dari kandungan purin yang dimiliki ayam. 

3. Ayam
Salah satu menu yang paling banyak disajikan di Indonesia ini ternyata juga dapat menjadi makanan penyebab asam urat. Terdapat sekitar 175 mg zat purin dalam hidangan 100 gram ayam. Jumlahnya hampir sama baik untuk ayam goreng, ayam bakar, maupun ayam cepat saji.

4. Kalkun
Kalkun adalah jenis unggas yang cukup jarang dikonsumsi di Indonesia. Meskipun demikian, di belahan dunia lain kalkun sering disajikan untuk merayakan hari penting seperti Thanksgiving
Untuk kalkun sendiri, zat purin yang terkandung di dalam 100 gram kalkun ada sekitar 150 mg. Jumlah ini masih terbilang sedikit dibandingkan sarden atau jeroan, namun tetap saja dapat memicu kenaikan asam urat dalam tubuh. 

5. Bebek
Satu lagi unggas yang dapat berpotensi menyebabkan kenaikan kadar asam urat, yaitu bebek. Paling tidak terdapat 138 mg zat purin di dalam 100 gram bebek. 

6. Ikan
Berbagai jenis ikan laut juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Terdapat sekitar 110-345 mg purin dalam setiap 100 gram ikan. 

7. Kacang-kacangan
Satu lagi makanan yang dapat menyebabkan kenaikan asam urat, yaitu berbagai macam kacang-kacangan. Mulai dari kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai hingga berbagai olahannya seperti tempe, oncom, dan emping. Setidaknya terdapat 127 mg purin dalam 100 gram kacang-kacangan. 

8. Udang
Makanan laut lainnya yang memiliki kandungan purin dalam jumlah tinggi adalah udang. Dalam 100 gram udang, terdapat sekitar 147 mg purin. 

9. Lobster
Lobster atau udang yang berukuran sangat besar memang sangat nikmat ketika dikonsumsi. Dengan daging yang tebal, rasanya tentu berkali lipat lebih enak dibandingkan udang. Kamu yang memiliki masalah dengan asam urat sebaiknya mengurangi mengonsumsi lobster. Kandungan purin dalam lobster termasuk salah satu yang cukup tinggi, yaitu sekitar 118 mg dalam 100 gram daging lobster. 

10. Bayam
Penelitian yang dilakukan oleh Chinese Community Health Resource Center ternyata juga membuktikan bahwa sayuran berdaun hijau yang satu ini mengandung purin dalam jumlah sedang, yaitu 50-150 mg dalam 100 gram daun bayam. 

11. Kembang Kol
Kembang kol yang sangat umum menjadi salah satu komposisi tumisan seperti capcay ternyata juga cukup berpotensi menyebabkan kenaikan asam urat. Kandungan purin pada kembang kol mirip dengan bayam. 

12.Oatmeal
Dalam 100 gram oatmeal yang terbuat dari gandum, terkandung sekitar 50 mg zat purin yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. 

13. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol memiliki kandungan purin yang sangat tinggi dan mampu menaikan kadar asam urat dalam darah.

14. Buah-Buahan tertentu
Beberapa jenis buah-buahan ternyata juga memiliki kadar purin yang lebih tinggi dan dapat memicu kenaikan asam urat. Contoh buah-buahan yang mengandung kadar purin cukup tinggi yaitu durian, alpukat dan stoberi. Jika tidak ingin gejala asam urat cepat kambuh, kurangi konsumsi buah-buahan tersebut dan ganti dengan alternatif buah lainnya. 

15. Makanan Berlemak
Segala jenis makanan berlemak yang diolah dengan menggunakan minyak goreng, santan, mentega, dan margarin juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Berdasarkan berbagai penelitian yang ada, lemak dalam tubuh dapat menghambat pembuangan asam urat berlebih sehingga rasa nyeri pada sendi dapat berlangsung sangat lama. 

16. Kaldu
Kaldu adalah kuah yang terbuat dari rebusan daging beserta berbagai sayuran untuk mengekstrak sari-sari di dalamnya sehingga membuat rasa masakan menjadi lebih enak. Untuk mereka yang memiliki kadar asam urat yang tinggi sebaiknya mengurangi konsumsi kaldu.


EmoticonEmoticon