Kamis, 11 Mei 2017

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Yang Membandel

Cara menghilangkan lendir atau dahak pada tenggorokan berikut ini mungkin bermanfaat bagi kamu yang kerap mengalaminya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penumpukan lendir atau dahak dalam tenggorokan dan gejala ini sangat umum terjadi.

Sebelum mengikuti langkah langkah untuk mengeluarkan dahak, yang pertama yang kudu kamu lakukan adalah sedapat mungkin berusaha menghindari penyebab dari meningkatnya produksi lendir dalam tenggorokan. 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir tenggorokan, diantaranya adalah infeksi, iritasi oleh polusi udara, asap, debu, rokok, dan makanan.

Berikut beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan dahak yang membandel di dalam tenggorokan:

1. Batuk atau memaksa dahak untuk keluar
Cara paling mudah menghilangkan lendir di tenggorokan adalah dengan mengeluarkannya secara manual. Caranya yakni dengan batuk. Tentu saja batuknya harus efektif atau benar. Bagaimana caranya agar batuk efektif mengeluarkan dahak? Cobalah duduk dalam posisi badan tegak, siapkan tisur dan wadah yang digunakan untuk menampung dahak. Lalu hirup nafas dalam dalam melalui hidung, tahan sebentar, kemudian secara perlahan keluarkan melalui mulut. Ulangi cara ini hingga dua kali. Kemudian pada saat tarikan nafas yang ketiga, hiruplah nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan hingga hitungan ketiga, lalu batukkan sekuatnya sampai dua atau tiga kali berturut-turut tanpa menghirup nafas.

2. Jahe
Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit pada saluran pernafasan. Minum air jahe hangat dapat menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus menyembuhkan batuknya. Cara membuatnya yaitu siapkan dua ruas jahe, cuci hingga bersih lalu digepuk supaya aroma segarnya lebih terasa. Masukkan jahe pada satu gelas air panas, dan tambahkan gula secukupnya sebagai pemanis. Kemudian minum selagi hangat. Minum ramuan jahe secara rutin 2 kali sehari maka lendir Anda akan segera hilang.

3. Jeruk nipis
Air jeruk nipis merupakan salah satu minuman yang cukup efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Selain baunya yang khas juga rasanya yang menyegarkan serta mampu melegakan tenggorokan. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mengusir virus penyebab lendir di tenggorokan. Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan satu buah jeruk nipis lalu peras airnya dan campurkan pada segelas air panas. Tambahkan gula secukupnya atau madu secukupnya, kemudian minum selagi hangat.

4. Daun mint
Daun mint selama ini digunakan sebagai bahan alami pembuat obat batuk pengencer dahak. Oleh karena itu khasiat dari daun mint ini tidak lagi diragukan. Cara penyajian, siapkan beberapa lembar daun mint, jangan lupa dicuci hingga bersih lalu masukan pada segelas air panas. Tunggu beberapa saat hingga meresap, kemudian minum saat hangat.


EmoticonEmoticon