Selasa, 23 Mei 2017

Cara Alami Mencegah Uban Bertambah Banyak

Rambut memutih merupakan salah satu ciri dari proses penuaan. Sayangnya, tidak sedikit yang rambutnya sudah memutihkan meskipun secara usia, dia masih muda. Untuk kasus seperti ini, kebanyakan akan memilih pewarna rambut untuk menghitamkan kembali rambut yang memutih.

Warna rambut tergantung pada sel pigmen yang terletak di dasar folikel rambut. Bila bodi tidak memproduksi pigmen lagi, rambut menjadi tidak berwarna dan ternyata putih. Proses pemutihan ini sejatinya bisa dicegah bila rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Bila memang tidak bisa dicegah, minimal tumbuhnya uban bisa diperlambat,

Rambut abu-abu dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti radiasi, kemoterapi, pewarna rambut pekat, pengering listrik, kelainan genetik, kekurangan gizi, kekurangan gizi, hipertiroidisme dan hipotiroidisme dan ketidakseimbangan hormon.

Untuk menghitamkan rambut yang berubah warna, orang biasanya memilih menggunakan pewarna rambut. Sayangnya, pewarna yang berbahan kimia ini tidak sedikit yang menimbulkan efek samping pada pemakainya. Bahkan ada orang yang alergi terhadap bahan yang terdapat pada pewarna rambut.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba cara alami berikut untuk mencegah uban atau rambut putih yang tubuh makin banyak yakni campuran lemon dan minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki sifat anti-mikroba, asam lemak rantai sedang dan asam laurat. Minyak ini dapat menyehatkan kulit kepala, menumbuhkan kembali rambut dan menguatkan rambut. Minyak kelapa juga mengurangi kehilangan protein dan mencegah rambut berubah warna menjadi abu abu karena kaya akan antioksidan.

Jus lemon mencegah rambut putih karena memiliki vitamin B dan C dan fosfor yang merupakan nutrisi penting bagi rambut.

Caranya,
  • Tiga buah Jus lemon (segar)
  • 50 mililiter minyak kelapa (organik)
  • Buat campuran bahan dan oleskan pada rambut. Pijat kulit kepala dan biarkan selama paling sedikit 1 jam lalu cuci dengan shampo.
  • Untuk hasil maksimal, ulangi proses ini setiap minggu.


EmoticonEmoticon