Senin, 08 Mei 2017

Berikut Daftar Tanaman Yang Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

Naiknya kadar asam urat adalah masalah kesehatan yang kerap dialami oleh usia lanjut. Keluhan yang kerap diderita oleh orang yang kadar asam uratnya tinggi adalah nyeri pada otot dan sendi.

Untuk menyembuhkannya ada beberapa cara, dan salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman obat asam urat. Beberapa tanaman dapat membantu menyembuhkan asam urat secara efektif.

Cara terbaik mengobati asam urat adalah menggunakan tanaman herbal atau obat herbal akan lebih aman dan efektif. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki penyakit asam urat, dianjurkan untuk mengobatinya dengan tanaman obat herbal.

Berikut ini adalah tanaman-tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat:

1. Daun Sambiloto (Andrographis Paniculata)
Daun ini memiliki beberapa kandungan zat seperti kalsium, kalium, mineral, dan natrium yang mana zat-zat tersebut dapat dijadikan penyembuh untuk penyakit asam urat. Lebih sering mengkonsumsi daun sambiloto akan menambah zat-zat tersebut di dalam tubuh sehingga penyakit asam urat anda dapat berkurang dan bisa jadi sembuh.

Cara membuat ramuan daun sambiloto dapat anda ikuti berikut ini. Yang pertama cucilah 10 gram daun sambiloto kering hingga bersih, dan kemudian rebuslah daun sambiloto bersama 10 gram temulawak kering, 1 gram lada, 5-10 gram komfrey dengan 5 gelas air. Tunggulah hingga airnya menjadi 3 gelas. Minumlah ramuan daun sambiloto tersebut 1 gelas sehari pada saat 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Minumlah secara teratur.

2. Tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)
Kumis kucing mengandung garam kalium yang dapat digunakan untuk menghancurkan batu pada saluran kencing bagi penderita kencing batu. Selain itu kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang sangat ampuh untuk mengobati kelebihan asam urat yang ada di tubuh yang dikeluarkan melalui urine sebagai hasil ekskresi.

Cara membuat ramuan dari kumis kucing untuk obat asam urat adalah dengan mencuci bersih 10 gram daun kumis kucing yang basah atau kering, 10 gram sawi tanah yang kering, 10 gram meniran yang kering, 15 gram jahe merah kering, dan 10 gram kapulaga kering. Lalu rebuslah semua bahan yang telah di sebutkan di atas dengan 1 liter air, tunggulah sampai tersisa setengah. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari pada pagai, siang, dan sore hari dengan porsi 150 ml setiap sekali minum.

3. Daun Salam (Syzgium polyanthum)
Daun salam mengandung zat tanin yang tinggi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Sudah banyak yang membuktikan bahwa daun salam merupakan salah satu daun yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Daun salam berguna untuk peluruh kencing (diuretic) dan sebgai pereda nyeri (analgetik). Berfungsi sebagai diuretic, daun salam bisa memperbanyak urine keluar maka kadar asam urat bisa menurun.

Untuk mendapatkan khasiat daun salam ini sangatlah gampang. Sediakan 10 lembar dau salam lalu di rebus dengan air 700 cc sampai sisa 200 cc. Minumlah selagi hangat.

4. Daun Anting-Anting (Acalypha australis linn)
Daun anting-anting juga merupakan salah satu tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Daun anting-anting bisa dijadikan obat alami dengan dikonsumsi kering atau segar. Anting-anting juga mengandung flavonoid, tannin, steroid, dan saponin yang dipercaya bisa mengatasi masalah asam urat.

Tanaman anting-anting yang bisa dijadikan obat tradisional alami yaitu akarnya. Caranya sediakan akar anting-anting kering 30 sampai 60 gram. Cuci sampai bersih. Rebus bersama 3 gelas air sampai menjadi setengah gelas. Tunggu hingga dingin kemudian di saring. Minum sehari 3 kali.

5. Daun Sirsak (Annona muricata)
Hasil dari penelitian ternyata daun sirsak bisa mengatasi penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi rebusannya secara teratur setiap hari. ngeluarkannya dari tubuh, maka zat purin menumpuk di bagian persendian.

Cara meracik daun sirsak untuk asam urat cukup mudah. Siapkan 10 sampai 15 lembar daun sirsak. Bersihkan sampai bersih. Anda bisa menggunakan cairan untuk membersihkan sayuran. Masukkan daun ke dalam wadah. Masukan air hingga daun terendam seluruhnya. Perlu anda perhatikan, anda masukan daun sirsaknya ketika airnya masih dingin, jangan ketika airnya sudah mendidih. Rebus sampai tersisa kira-kira 2 gelas. Bila anda tidak langsung meminumnya, biarkan saja air rebusan daun sirsak tetap di wadah, tak perlu buang daunnya. Minum rebusan air daun sirsak 2 kali sehari, di anjurkan pagi dan sore.

Beberapa tanaman obat herbal asam urat di atas bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk mengobati asam urat anda. Anda tidak boleh langsung mencoba ramuan-ramuan di atas. Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada pakar herbal yang anda kenal. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon