Minggu, 21 Mei 2017

Banyak Banyaklah Makan Ini Agar Dijauhi Nyamuk

Ada yang gak pernah digigit nyamuk? Kayaknya hampir tidak ada manusia yang luput dari gigitan serangga kecil ini. Itu sebabnya nyamuk bolehlah kita sebut sebagai serangga yang paling menjengkelkan.

Gak hanya bikin gatal dan bentol, nyamuk juga bisa sebagai vektor yang menularkan beberapa penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, chikunguya dan yang akhir akhir ini beken adalah zika. 

Berbagai upaya dilakukan manusia untuk menghindari gigitan nyamuk, baik dengan obat obat kimia anti nyamuk maupun cara tradisional yang lebih aman. Obat obat anti nyamuk berbahan kimia bisa berbentuk lotion, obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik dan lain lain. Karena terbuat dari bahan kimia tentu memiliki efek samping bagi tubuh manusia. 

Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk menghindari nyamuk tanpa bahan kimia berbahaya. Salah satunya adala mengonsumsi makanan tertentu yang membuat nyamuk ogah mendekat. Makan makanan tersebut antara lain:

Bawang
Di dalam bawang merah dan bawang putih ternyata ada senyawa yang bernama allicin. Setelah kita mengkonsumsi bawang, senyawa allicin ini akan diproses oleh tubuh menjadi aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Tak hanya bawang, daun bawang disebut-sebut juga akan membuat tubuh kita memproduksi aroma yang juga dibenci oleh nyamuk.

Serai
Jika kita cermati, ada beberapa produk losion anti nyamuk yang memiliki kandungan serai. Hal ini berarti, andai kita mengkonsumsi serai, maka tubuh akan segera memproduksi aroma yang membuat nyamuk tidak mau dekat-dekat dengan kita. Serai ternyata memiliki kandungan citronella, kandungan minyak alami yang akan diolah tubuh menjadi aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Cabai dan Paprika
Cabai dan paprika memiliki kandungan capsaicin yang bisa memberikan sensasi pedas dan panas saat kita konsumsi. Yang menarik adalah, efek panas dari capsaicin ini ternyata juga tidak disukai oleh nyamuk.

Tomat dan Kacang
Tomat dan kacang-kacangan ternyata memiliki kandungan tiamin. Tubuh akan mengolah senyawa tiamin ini menjadi aroma yang ternyata tidak disukai oleh nyamuk sehingga kita pun tidak akan mudah digigit oleh serangga ini.


EmoticonEmoticon