Senin, 08 Mei 2017

Baca Tulisan Ini Sebelum Menaikan Berat Badan

Kamu yang memiliki badan kurus dan sering diejek karena badan tidak ideal, mungkin pernah mencoba untuk menaikan berat badan, namun hasil yang didapat kadang tidak memuaskan.

Bila kamu telah mencoba menaikan berat badan tetapi selalu gagal, kamu harus membaca beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang sulit untuk menaikan berat badan.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk menambah berat badan:

1. Faktor Genetik
Cobalah perhatikan bentuk tubuh kedua orangtuamu. Jika salah satu dari orangtuamu memiliki tubuh ideal, maka masih ada kemungkinan kamu untuk menaikan berat badan agar lebih ideal. Namun, bila tubuh kedua orangtuamu cenderung kurus, maka kamu akan kesulitan menaikan berat badan sesuai dengan harapanmu.

2. Aktivitas yang tinggi
Jika kamu gemuk dan ingin memiliki tubuh ideal, aktivitas yang tinggi sangat cocok untukmu. Namun, jika kamu memiliki tubuh yang kurus dan ingin menaikan berat badan, sebaiknya kamu mengurangi aktivitas yang sekiranya membakar banyak kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh. Namun, jika kamu tidak bisa mengurangi aktivitas yang tinggi, tambahlah asupan kalori. 

3. Adanya gangguan kesehatan
Beberapa penyakit dapat mempengauhi nafsu makan dan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan zat yang ada dalam makanan. Penyakit tersebut diantaranya, hipotirodisme, diabetes melitus, penyakit saluran pencernaan dan kanker. 

4. Pengobatan 
Ada banyak jenis obat dan masing-masing obat memiliki efek samping yang berbeda-beda. Jika kamu mengonsumsi obat yang dapat menyebabkan rasa mual makan akan berefek pada penurunan berat badan. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu efek samping yang biasanya terdapat pada label obat yang sedang kamu konsumsi.

5. Masalah psikologis
Masalah psikologis yang sering terjadi dan berefek buruk pada penurunan berat badan adalah stress dan depresi. Stres dan depresi dapat menyebabkan penurunan nafsu makan dan gangguan pola makan. Cobalah untuk meredakan stress dengan melakukan hal hal yang bermanfaat.


EmoticonEmoticon