Kamis, 25 Mei 2017

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa? Baca Tips Ini Terlebih Dahulu

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah sebentar lagi datang. Umat Islam di seluruh dunia menyambut dengan gembira bulan ini. Berbagai persiapan pun dilakukan termasuk persiapan fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa.

Tentu tidak ada satupun umat Islam yang mau melewatkan bulan puasa. Bahkan anak anak pun banyak menjalankan ibadah puasa meskipun hanya setengah hari. Lalu bagaimana dengan ibu hamil?

Meskipun ada kelonggaran bagi ibu hamil untuk tidak menjalankan ibadah puasa, secara medis ibu hamil boleh koq berpuasa. Tentu saja sebelum menjalankan ibadah puasa, ibu hamil harus memastikan dulu kondisi fisiknya memungkinkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Mengapa ibu hamil harus mendapatkan perhatian khusus? Sebab seorang wanita yang sedang hamil tidak hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Jadi, baik ibunya maupun bayi yang ada di dalam kandungan harus dalam kondisi sehat sebelum ibu hamil memutuskan untuk berpuasa.

Hal hal yang perlu dilakukan ibu hamil sebelum berpuasa adalah:

  • Pastikan kondisi fisik ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan dalam keadaan sehat. Caranya, kontrollah ke dokter kandungan sebelum berpuasa. Lakukan pemeriksaan lengkap baik pemeriksaan pada ibu maupun janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil baru boleh berpuasa bila dokter yang memeriksa memberikan ijin.
  • Jangan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan saat puasa. Ingat, kalori yang dikonsumsi saat sahur tidak hanya untuk ibunya tetapi juga janin yang ada di dalam kandungan. Jadi, kalori yang masuk kudu dihemat.
  • Jangan memaksa diri bila saat menjalankan puasa, fisik sudah tidak kuat. Terlalu memaksa diri tidak baik untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.
  • Usahakan mengonsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa.
  • Hindari makanan berkalori tinggi seperti makanan manis, lemak dan lain lain karena makanan jenis ini hanya mengenyangkan dalam waktu singkat.
Selamat menjalankan ibadah puasa.


EmoticonEmoticon