Minggu, 28 Mei 2017

8 Aktivitas Yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil Agar Anak Lahir Cerdas

Kehamilan adalah masa masa indah sebagai seorang ibu. Seorang janin calon penerus keturunan ada di rahim seorang ibu. Oleh karena itu, seorang ibu pasti akan melakukan segala cara agar janin yang dikandungnya bisa lahir sebagai anak yang cerdas.

Salah satu organ yang sangat penting membentuk kecerdasan seorang anak adalah otak. Pembentukan dan pertumbuhan otak bahkan sudah dimulai sejak awal awal kehamilan. Pada masa ini, seorang ibu harus pintar membawa kehamilannya agar pembentukan otak tidak terganggu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pembentukan otak anak. Aktivitas yang sangat mudah dilakukan di rumah itu antara lain:

1. Membaca Cerita
Penting diketahui, dasar kemampuan bahasa anak dimulai dari dalam rahim. Pada trimester III kehamilan, calon bayi sudah dapat menghafal suara dan mendengar. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk sering sering membaca cerita untuk sang calon bayi bahkan sebelum ia lahir ke dunia.

2. Selalu Aktif
Rutin berolahraga selama hamil dapat meningkatkan pelepasan hormon rasa nyaman yang mampu melewati plasenta dan membuat janin memiliki perasaan yang baik selama 8 jam. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukkan olahraga selama kehamilan dapat meningkatkan neuron dalam hippocampus janin yang berhubungan dengan kecerdasan.

3. Berjemur Di Sinar Mentari Pagi

Matahari pagi adalah sumber vitamin D yang sangat penting. Ibu hamil hanya perlu meluangkan waktu minimal 20 menit untuk berjemur di pagi hari. Aktivitas ini bisa dilakukan sambil berolahraga. Selain meningkatkan kecerdasan anak, berjemur di pagi hari juga penting untuk kesehatan tulang dan gigi anak.

4. Membelai Perut
Pada minggu ke-20 bayi sudah dapat merasakan belaian di perut ibunya. Belaian ini bermanfaat untuk memberi rasa nyaman dan tenang pada bayi. 

5. Ajak Janin Berbicara
Janin sudah dapat mendengar suara saat kehamilan berusia 16  sampai 27 minggu. Semua syaraf yang menghubungkan telinga dan otak telah terbentuk sempurna.

6. Asupan Makanan Dan Minuman Bervariasi
Selera makan bayi berkembang saat kehamilan 12 minggu. Pada kehamilan 25 minggu, ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam sehari. Nah, janin akan merasakan air ketuban sesuai dengan makanan yang ibunya konsumsi.

7. Mendengarkan Musik

Ternyata bayi sudah memiliki kemampuan mendengarkan musik sejak dalam kandungan. Musik yang didengarkan dapat merangsang produksi serotonin yang dapat menenangkan bayi. 

8. Bernyanyi
Selain mendengarkan musik, ibu hamil juga dapat membantu membentuk selera musik anak melalui nyanyian. Ibu hamil dapat menyanyikan lagu kesukaannya saat hamil.


EmoticonEmoticon