Sabtu, 06 Mei 2017

7 Manfaat Kunyit Yang Mungkin Belum Diketahui

Kunyit merupakan tanaman herbal yang dapat dengan mudah ditemukan  di Indonesia karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis maupun  subtropis. Masayrakat Indonesia terbiasa menambahkan kunyit kedalam makanan untuk disantap sehari-hari seperti kari dan lain lain. 

Kunyit juga di konsumsi sebagai jamu untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena telah lebih dari 7000 penelitian yang sukses membuktikan khasiat kunyit untuk kesehatan. 

Berikut 7 manfaat kunyit  bagi kesehatan:

1. Mengatasi peradangan atau inflamasi

Peradangan terjadi karena infeksi atau gangguan pada sel atau jaringan didalam tubuh. Sebagian peradangan yang terjadi di dalam tubuh diakibatkan oleh infeksi bakteri dan radikal bebas yang memicu lepasnya senyawa sitokin.

Curcumin yang terdapat di dalam kunyit mampu meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga  peradangan atau inflamasi yang terjadi di dalam tubuh dapat disembuhkan dan rasa sakit ang ditimbulkan menjadi berkurang.

2. Mencegah kanker.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kunyit dapat mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Senyawa curcumin dalam kunyit mampu membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas (memaksimalkan fungsi) obat-obatan konvensional yang digunakan penderita kanker dalam mengobati kanker.

3. Meredakan dan mengurangi gejala sakit maag.

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung yang terdapat di dinding lambung. Hal tersebut dapat mencegah bakteri melukai dinding lambung sehingga tidak terjadi infeksi di dinding lambung. Dan senyawa curcumin yang terdapat di dalam kunyit sangat bermanfaat untuk menghambat produksi asam lambung  karena asam lambung menyebabkan rasa perih di lambung pada penderita sakit maag.

4. Mencegah dan mengurangi gejala radang yang terjadi pada persendian (Arthritis).

Radang persendian atau dalam dunia medis disebut dengan Arthritis merupakan suatu penyakit yang timbul akibat adanya radang yang terjadi pada persendian yang membuat penderita yang merasakan sakit pada persendiaan.

Kunyit mampu mengatasi radang yang terjadi pada persendiaan karena memiliki senyawa curcuminoid dan minyak essensial yang mampu mengurangi produksi senyawa penyebab terjadinya radang persendian.

5. Menurunkan kadar kolestrol jahat.

Senyawa curcumin yang terdapat di dalam kunyit mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) didalam plasma darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) didalam tubuh. Hal ini membuat kamu terhindar dari resiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.
  
6. Meningkatkan fungsi otak.

Zat yang terkandung di dalam kunyit mampu meningkatkan aliran nutrisi dan oksigen ke otak sehingga otak dapat berfungsi dengan maksimal. Hal tersebut membuat otak menghasilkan hormon melantonin dan serotonin yang dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

7. Mengatasi jerawat dan penuaan kulit.

Jerawat merupakan gangguan kulit dimana muncul peradangan dan benjolan di permukaan wajah hal tersebut dapat terjadi pada remaja ataupun orang dewasa namun banyak terjadi di kalangan remaja. 

Kunyit dapat meredakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri P.acne yang biasanya menjadi penyebab timbulnya jerawat. Kunyit juga dapat menghilangkan bekas jerawat hal ini dikarenakan kunyit memiliki senyawa anti bakteri yang dapat mengatasi bekas yang ditimbulkan oleh jerawat.
Mengkonsumsi kunyit yang mengandung banyak sekali antioksidan dapat menunda penuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.


EmoticonEmoticon