Rabu, 24 Mei 2017

6 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Ada yang gak tahu buah sukun? Kalau gak tahu bisa lihat gambar diatas. Buah sukun adalah buah yang banyak terdapat di indonesia dan kerap dijadikan sayur atau dibuat keripik. Nah, disamping dikenal sebagai bahan sayuran dan keripik, ternyata buah ini memiliki manfaat bagi tubuh khususnya manfaat kesehatannya.

Khasiat buah sukun nyatanya ada banyak sekali. Sukun adalah tumbuhan yang hidup di wilayah Pasifik Selatan dan dalam setiap tahunnya dapat menghasilkan buah sampai 150 buah. Bahkan dalam satu musim buah sukun dapat menghasilkan sekitar 200 buah.  

Sebenarnya pohon ini berasal dari Polynesia dan sekarang sudah menyebar ke Malaysia, Sri langka dan di beberapa kepulauan pasifik lainnya salah satunya Indonesia. Buah sukun termasuk ke dalam genus Artocarpus dan dalam family Moaccea seperti pohon nangka dan pohon cempedak.

Lalu, apakah sih manfaat buah sukun bagi tubuh? 
Banyaknya kandungan gizi tersebut membuat sukun menyimpan berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan juga membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Inilah manfaat sukun untuk kesehatan.

1. Kaya Kandungan Serat
Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Penelitian menunjukan bahwa bila kita mengonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Kenyang Lebih Lama 
Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama tanpa meningkatkan asupan kalori. 

3. Sumber Omega 6 Dan Omega 3
Menurut para ahli, memakan buah sukun dapat membantu tumbuh kembang anak terutama bagian otaknya. Hal ini karena buah sukun kaya dengan asam lemak Omega 6 dan Omega 3. Adanya asam lemak esensial lainnya juga bermanfaat untuk jantung.

4. Obat Susah Buang Air Besar
Tingginya kandungan serat pada sukun dapat membantu mereka yang kerap kesulitan buang air besar. Lancarnya buang air besar menyebabkan pengeluaran racun dan kotoran dari usus besar juga berlangsung dengan mudah.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Untuk kamu yang memiliki berat badan yang berlebihan atau kegemukan, buah sukun sangat bagus untuk pengganti makanan yang selama ini kamu konsumsi khususnya nasi. Mengonsumsi buah sukun menyebabkan perut cepat kenyang tanpa harus takut masuknya kalori yang berlebihan.

6. Bagus Untuk Kecantikan Kulit
Kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit.  Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan  vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.


EmoticonEmoticon