Sabtu, 20 Mei 2017

5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh Manusia

Bila sebelumnya saya sudah membahas tentang manfaat dari buah sirsak, tulisan kali ini saya akan menulis tentang manfaat daun sirsak bagi tubuh manusia.

Tanaman sirsak merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis. Tanaman ini berasal dari Karibia dan Amerika. Di Indonesia tanaman sirsak mudah untuk dijumpai. Tanaman ini biasanya diambil buahnya untuk dikonsumsi ataupun dibuat jus. 

Tetapi selain untuk dimakan dan dibuat jus sebenarnya tanaman sirsak ini memiliki khasiat yang luar biasa yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Berikut ini manfaat dari tanaman sirsak untuk kesehatan kita.

1. Untuk Mencegah Kerusakan Kulit
Di dalam daun sirsak mengandung banyak zat antioksidan. Zat ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari. Selain itu daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit eksim dan jerawat. Cara mengobati jerawat dan eksim dengan tanaman sirsak cukuplah mudah. Pertama-tama kita tumbuk beberapa helai daun sirsak. Kemudian kita oleskan pada kulit yang berjerawat ataupun eksim. Lakukan pengobatan ini dengan rutin setiap hari.

2. Untuk Mencegah Dan Mengobati Kanker
Salah satu manfaat yang luar biasa dari daun sirsak yaitu mencegah dan mengobati kanker. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat menghambat perkembangan  sel kanker dalam tubuh.

Selain dapat membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga dapat membunuh tumor secara efektif. Yaitu dengan cara menghambat pasokan energi dan makanan yang dibutuhkan oleh sel tumor.

3. Untuk Menurunkan Tekanan Darah
Buat kamu yang mengalami tekanan darah tinggi bisa memanfaatkan daun sirsak ini untuk obat. Caranya yaitu cukup meminum rebusan daun sirsak setiap hari. Menurut penelitian meminum rebusan daun sirsakdapat membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka
Penelitian yang dilakukan oleh Moghadamtousi et al menyebutkan bahwa senyawa etil asetat dan antioksidan yang terdapat pada daun sirsak bisa mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Jika kamu ingin memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati luka cukuplah mudah. Awalnya kita tumbuk beberapa helai daun sirsak. Setelah halus kita oleskan pada luka. lakukan secara rutin setiap hari.

5. Untuk Memperkuat Sistem Imun
Selain manfaat dari yang telah disebutkan di atas. Ternyata daun sirsak juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Kandungan senyawa antioksidan terdapat pada daun sirsak berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas dan berbagai macam penyakit. Selin itu dalam daun sirsak juga terdapat kandungan zinc yang berguna untuk membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Nah sekarang kita sudah tau akan manfaat dan khasiat dari daun sirsak. Yang semula kita hanya memanfaatkan tanaman sirsak hanya buahnya saja. Sekarang mari kita manfaatkan daun sirsak untuk kesehatan kita. Yang jelas daun sirsak tidak memiliki efek samping seperti halnya obat-obatan kimia.


EmoticonEmoticon