Jumat, 05 Mei 2017

4 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, berikut sejumlah manfaat buah mengkudu yang selama ini belum diketahui
Beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu ini, antara lain:

Meredakan nyeri haid atau gejala PMS
Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.

Mencegah kanker
Keuntungan lainnya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah melawan kanker. Ya, buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun kanker yang bisa dicegah oleh buah mengkudu ini adalah kanker serviks.

Mengatasi kulit bersisik
Kulit kering dan bersisik membuat Anda tidak nyaman? Kini saatnya Anda memanfaatkan tanaman alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit, yaitu buah mengkudu. Untuk menghaluskan kulit, caranya gosok bagian kulit bersisik menggunakan buah mengkudu secara merata, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain yang sudah dibasahi oleh air hangat.

Menyehatkan tulang
Tak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit saja, tetapi buah mengkudu yang memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril ini dapat meningkatkan kekuatan tulang-tulang dalam tubuh. Minumlah jus mengkudu secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang.


EmoticonEmoticon