Senin, 22 Mei 2017

4 Manfaat Bawang Merah Mentah Yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak tahu bawang merah? Hampir seluruh masakan yang kita makan setiap hari mengandung bahan yang satu ini. Bawang merah memang gak bisa dipidahkan dari bumbu masakan Indonesia.

Tapi tahukah kamu, bawang merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia? Bawang merah merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, asam folat, chromium, calcium and serat yang baik. Bawang merah juga kaya akan flavonoid terutama quercetin, yang merupakan antioksidan.

Selain dimasak, bawang merah juga bermanfaat saat dimakan dalam kondisi mentah. Berikut manfaat konsumsi bawang merah mentah setiap hari:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Bawang merah efektif menurunkan kolesterol dan trigliserida. Senyawa belerang dalam bawang merah bertindak sebagai pengencer darah alami dan mencegah agregasi trombosit. Senyawa ini mencegah pengerasan dinding arteri dengan mencegah pembentukan plak dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Mengobati Masalah Pernapasan
Sifat anti-inflamasi bawang merah berfungsi untuk menenangkan otot-otot saluran napas dan mengurangi asma serta bronkitis. Ini juga efektif dalam mencegah batuk, pilek, dan bersin.

3. Mengatasi Sembelit
Bawang merah mengandung serat larut, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Makan satu bawang merah mentah sehari akan terhindar dari sembelit.

4. Mengobati TBC
Bawang merah memiliki khasiat antiseptik dan antimikroba. Ini dapat menonaktifkan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis dan mengerahkan efek anti-tuberkulanya. Mengonsumsi bawang merah mentah dengan garam lebih bermanfaat.


EmoticonEmoticon