Minggu, 21 Mei 2017

3 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Apakah kamu termasuk orang yang minder karena tinggi badanmu kurang maksimal? Memang sih ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang termasuk salah satunya adalah faktor genetik. Faktor faktor ini ada yang bisa diatasi, ada pula yang tidak. 

Namun tidak perlu khawatir, kebanyakan orang sejatinya tidak tumbuh optimal karena pengaruh dari makanan yang ia konsumsi baik saat di dalam kandungan atau di masa pertumbuhan. Nah, disinilah peranan penting dari faktor makanan dan gaya hidup agar tinggi badan seseorang bisa optimal sesuai dengan genetik atau keturunannya.

Sebelum usia 20 tahun, kamu masih bisa mengomptimalkan tinggi badan dengan mengubah pola makan dan pola hidup. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu kunci penting demi mendukung pertumbuhan. Hindari makanan instan yang tidak memiliki nilai gizi seperti junk food dan lain lain. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung 3 komponen gizi penting untuk menambah tinggi badan seperti kalsium, zinc dan vitamin D.P
  • Kalsium, sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang tulang sehingga dapat menambah mengoptimalkan tinggi badan. Makanan kaya kalsium bisa berasal dari sayuran hijau, susu, kacang kdelai, keju maupun ikan sarden.
  • Zinc, termasuk salah satu senyawa yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Adapun jenisnya dapat berupa telur, coklat, tiram dan asparagus.
  • Vitamin D, pasti sudah pada tahu bila vitamin ini begitu efektif dalam menjaga pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Kamu bisa memperolehnya dari ikan, tahu, telur dan makanan olahan susu yang diperkaya

2. Cukupi Kebutuhan Tidur dan Cairan
Siapa bilang minum itu tidak bermanfaat? Ingat, proses pertumbuhan yang optimal itu dapat terjadi ketika tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jadi, dengan memperbanyak minum air putih, secara tidak langsung dapat memperlancar pencernaan, membuang racun, memperbaiki metabolisme tubuh sehingga berdampak pada berat dan tinggi badan. 

Nah, kamu pun harus memperhatikan kebutuhan tidur karena saat tidur terjadi pertumbuhan tulang yang optimal. Pastikan kamu tidur 7 sampai 8 jam setiap hari.

3. Olahraga
Olahraga sangat penting dalam proses pertumbuhan tubuh. Menurut beberapa studi, olahraga dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan “Human Growth Hormone” yang dapat mengatur tinggi badan. 

Lantas apa saja jenis olahraga yang mampu memaksimalkan peranan hormone pertumbuhan?
  • Renang, merupakan olahraga terbaik bahkan berpotensi untuk menambah tinggi badan. Alasanya, karena gerakan saat renang cenderung menarik rata setiap anggota badan sehingga berimbas pada perpanjangan otot maupun tulang. Disarankan, kamu meluangkan waktu minimal 1 sampai 2 jam, 3-4 kali dalam seminggu untuk berenang.
  • Bergelantungan, ya olahraga ini cukup efektif menambah tinggi badan. Caranya, kamu bisa melakukanya di tempat khusus sehingga badanmu bisa menggantung bebas berpengangan pada kedua tangan dengan kaki yang bebas. Lakukan beberapa detik secara rutin untuk efek yang positif.
  • Latihan peregangan yakni gerakan beridiri dalam posisi tegak lurus dengan membentangkan kedua tangan sejauh mungkin diatas kepala, tahanlah selam 5-10 detik lalu padukan dengan gerakan membungkukan badan agar tangan anda bisa menyentuh kaki. Hal ini dimaksudkan agar otot maupun tulang belakang dapat meregang dan berimbas pada penambahan tinggi badan.
  • Lompat tali. Ketika tubuh tegak saat melakukan lompatan maka bagian punggung beserta tulang belakang akan ikut meregang. Dengan begitu, akan mendorong anggota tubuh khususnya area kaki untuk menambah beberapa inchi pada prosesnya.
Selamat mencoba


EmoticonEmoticon