Senin, 22 Mei 2017

10 Manfaat Menikah Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui.

Menikah adalah salah satu tujuan hidup seorang manusia. Selain membangun rumah tangga, menikah juga bertujuan untuk memperoleh keturunan. Tapi tahukah kamu bahwa menikah juga memiliki manfaat bagi kesehatan?

Berikut 10 manfaat menikah bagi kesehatan:

1. Menikah Bikin Hidup Sehat
Penelitian di Amerika Serikat yang mengikuti 1.700 orang selama 20 tahun menyimpulkan, pernikahan yang berlangsung bahagia berhubungan dengan peningkatan derajat kesehatan, terutama bila pasangan tersebut ikut kegiatan kegiatan yang menyehatkan.

2. Menikah Bikin Panjang Umur
Selain memiliki derajat kesehatan yang lebih baik, pasangan yang menikah juga memiliki umur yang panjang. Mereka yang tidak menikah memiliki risiko kematian dini dua kali lipat lebih besar bila dibandingkan dengan mereka yang menikah, demikian menurut studi tahun 2013 di Amerika Serikat.

3. Menikah Melawan Depresi
Menurut sebuah studi tahun 1991, pria dan wanita yang telah menikah memiliki risiko yang lebih rendah menderita depresi bila dibandingkan dengan mereka yang tidak menikah. Masih menurut studi tersebut, menikah dapat menurunkan risiko menderita penyakit mental sampai 50%.

4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung
Penelitian di Finlandia tahun 2013 menemukan, orang yang menikah baik pria maupun wanita memiliki risiko mengalami serangan jantung 66% lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tidak menikah.

5. Menurunkan Risiko Stroke 
Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Heart Association tahun 2010, pria yang bahagia saat menikah memiliki risiko menderita stroke yang 64% lebih rendah bila dibandingkan dengan pria yang tidak menikah atau pria yang menikah tapi tidak bahagia.

6. Bertahan Dalam Operasi Pembedahan
Studi tahun 2011 menemukan, baik pria maupun wanita yang telah menikah memiliki kemampuan bertahan yang lebih baik pasca dilakukan operasi pembedahan jantung.

7. Jauh Dari Minuman Beralkohol
Studi terhadap 3,2 juta orang di Swedia menemukan, pernikahan dapat menurunkan keinginan seseorang untuk minum minuman beralkohol sampai 60% (pada pria) dan 70% pada wanita.

8. Tulang Yang Kuat
Menikah dapat membuat tulangmu kuat khususnya bila kamu seorang pria. Menurut studi di Amerika Serikat tahun 2014, pria yang sudah menikah memiliki kepadatan tulang yang lebih baik bila dibandingkan dengan pria yang tidak menikah atau pria yang telah bercerai.

9. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar
Studi di China menyebutkan, menikah dapat meningkatkan kemampuan seseorang bertahan saat menderita kanker usus besar.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur
Wanita yang pernikahannya bahagia lebih jarang mengalami kesulitan tidur bila dibandingkan dengan wanita yang belum menikah. Perbaikan kualitas tidur ini terutama terjadi pada wanita yang telah berusia paruh baya.

Bagaimana? Masih enggan untuk menikah?

1 komentar selama ini

Teryata ada manfaat juga menikah baru tau saya


EmoticonEmoticon