Minggu, 21 Mei 2017

10 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Diketahui

Saya kerap membaca, salah satu buah yang paling banyak manfaatnya bagi tubuh selain apel adalah pisang. Siapa sih yang gak kenal buah yang satu ini. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah didapat dan harganya pun relatif murah.

Selain rasanya yang enak dan manis, pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat pisang yang patut kita ketahui:

1. Membuat Ceria
Mengurangi gejala depresi merupakan salah satu manfaat pisang yang paling penting. Pisang merupakan buah yang kaya akan triptofan.Triptofan merupakan protein yang membantu meningkatkan suasana hati sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

2. Mengatasi Sembelit
Pisang kaya akan serat sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Pisang juga kaya kalium yang membantu mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.

3. Mengurangi Nyeri Haid
Mengurangi nyeri haid juga merupakan salah satu manfaat penting dari pisang. Kandungan vitamin B6 dalam pisang membantu mengatur regulasi kadar glukosa darah dan perubahan suasana hati.

4. Menguatkan Tulang
Orang yang memasukkan pisang sebagai bagian penting dari diet sehari-hari akan menurunkan tingkat gangguan tulang. Senyawa fructooligosaccharide dalam buah pisang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dari berbagai sumber.

5. Menyehatkan Ginjal
Berbagai jenis penyakit ginjal dapat dicegah dengan memasukkan pisang sebagai diet rutin sehari-hari. Perempuan yang mengonsumsi pisang dan buah-buahan lainnya setiap hari diketahui mengalami penurunan risiko kanker ginjal secara signifikan. Senyawa fenolik antioksidan yang terkandung dalam pisang memiliki kemampuan memberi perlindungan terhadap penyakit ginjal.

6. Menurunkan Risiko Hipertensi
Kadar kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah membuat pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

7. Membantu Berhenti Merokok
Kecanduan nikotin membuat usaha menghentikan kebiasaan merokok menjadi tidak mudah. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang membantu tubuh melawan efek kecanduan nikotin sehingga memudahkan orang yang ingin berhenti merokok.

8. Mengurangi Keasaman & Mencegah Iritasi Lambung
Pisang memiliki kemampuan mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, buah ini ideal untuk mengatasi gejala tukak maag. Pisang memicu tubuh memproduksi mukus kental sehingga melindungi lambung dari asam. Selain itu, pisang juga membantu menghilangkan bakteri patogen yang bertanggung jawab menyebabkan ulkus.

9. Meningkatkan Kadar Zat Besi
Saat mengalami anemia, maka pisang harus menjadi teman terbaik Anda.
Kandungan zat besi yang tinggi dalam pisang akan memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, pisang akan membantu tubuh memproduksi jumlah hemoglobin yang optimal sehingga meningkatkan proses pembekuan darah bila mengalami cedera.

10. Meningkatkan Konsentrasi
Anak-anak yang suka makan pisang cenderung lebih pintar daripada anak-anak yang tidak mengonsumsi pisang. Kandungan kalium yang melimpah dalam pisang meningkatkan kemampuan otak sehingga membantu anak atau orang dewasa meningkatkan daya konsentrasi mereka.

Mari makan pisang.


EmoticonEmoticon